HomeBERITARentan Manipulasi, Data THL dan Armada Pengangkut Sampah di DLH Rejang Lebong...

Rentan Manipulasi, Data THL dan Armada Pengangkut Sampah di DLH Rejang Lebong Disorot

Andi Purwanto, Kabid DLH

REJANG LEBONG, SMNNews.co.id – Lingkungan yang bersih dan asri, tentu saja dambaan masyarakat di manapun berada.

DHL (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Rejang Lebong terus berbenah bekerja untuk menciptakan Kebersihan dan membuat indah Kota Curup dengan penataan penanaman tanaman bunga di sepanjang jalan dalam kota serta tentu saja dengan sampah yang terus dibersihkan dan diangkut oleh armada, baik truk sampah maupun motor gerobak (roda tiga).

Akan tetapi validasi data jumlah armada maupun jumlah pekerja THL (Tenaga Harian Lepas) atau biasa juga disebut TKS (Tenaga Suka Rela) tidak singkron dengan apa yang dikatakan oleh Pejabat di DLH.

Ketua TPKD (Tim Pemantau Korupsi Daerah) Ediyanto mengatakan, adanya dugaan manipulasi data kendaraan dan jumlah Tenaga THL/TKS di DLH Rejang Lebong.

“Peluang untuk munculnya kerentanan manipulasi data THL dan armada pengangkut sampah ini bisa jadi indikasi korupsi,” ujarnya melalui sambungan telpon.

Kasi Peningkatan DLH, Titin saat dikonfirmasi tentang hal tersebut mengatakan, bahwa jumlah armada truk sampah ada 14 unit, karena ada penambahan dua unit yg baru, sementara untuk motor gerobak ada 9 unit serta 1 unit dalam keadaan rusak, sedangkan jumlah TKS ada 283 orang termasuk sopir, penyapu jalan, dll.

Disisi lain, Kabid DLH, Andi saat dikonfirmasi terkait hal tersebut dalam pernyataannya mengatakan, DLH saat ini mempunyai 13 unit armada truk sampah termasuk yang baru, tetapi ada satu unit dalam keadaan rusak yang saat ini ada di kantor tersebut. Untuk motor gerobak ada 9 Unit Motor dan dua unit dalam keadaan perawatan, sedangkan untuk jumlah THL ada 290 orang, tapi itu tidak termasuk Pertamanan.

Ada perbedaan yang mencolok yang dikatakan Bu Titin dengan Pak Andi terkait jumlah THL/TKS.

Ketika ditanya mengenai berapa anggaran untuk biaya perawatan/Perbaikan Kendaraan kendaraan pengangkut Sampah itu/tahun, Bu Titin maupun Pak Andi, tidak bisa memberikan keterangan,

Bu Titin hanya menjawab, saya tidak punya DIPAnya pak, sementara Pak Andi mengatakan, tanya saja ke Kadis langsung.

Saat awak media berusaha mencari konfimasi kepada Kadis DLH Rejang Lebong, Dhendi Novian Saputra, beliau tidak berada di Kantor.

“Beliau sedang ada rapat di pemda,” ujar salah satu staf. (putra jaya)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...