HomeBERITARini Syarifah dan Rahmat Santoso Sah.. Pimpin Kabupaten Blitar Periode 2021-2024

Rini Syarifah dan Rahmat Santoso Sah.. Pimpin Kabupaten Blitar Periode 2021-2024

Mak Rini dan Makde Rahmad (baju putih) menerima SK Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Blitar terpilih periode 2021 – 2024 dari Ketua KPU Kabupaten Blitar.

BLITAR, SMNNews.co.id – Setelah resmi ditetapkan KPU Kabupaten Blitar, Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Rini Syarifah (Mak Rini) dan Rahmat Santoso (Makdhe Rahmat), akan resmi memerintah di Blitar sebagai Bupati dan Wakil Bupati Blitar periode 2021-2024.

Melalui Rapat Pleno Terbuka KPU Kabupaten Blitar menetapkan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Terpilih Periode 2021-2024, yang juga dihadiri Forkopimda dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan undangan terbatas. Sabtu (23/1/2021).

Sayang, Pasangan petahana Bupati Blitar Rijanto dan Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo tidak hadir pada acara ini. Demikian juga Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito juga tidak hadir. Namun acara tetap berjalan dengan khidmat dan lancar.

Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santosa mengatakan, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar terpilih ditetapkan setelah didasari oleh tidak adanya gugatan perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Blitar di Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia.

“Pleno penetapan pemenang Pilkada ini dilaksanakan sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota,” jelas Hadi.

Dikatakannya, setelah mendapatkan surat resmi dari KPU RI terkait penetapan pemenang Bupati dan Wakil Bupati, pihaknya memiliki kewajiban untuk segera menindaklanjuti paling lama lima hari untuk menetapkan di tingkat daerah.

“Kami juga bersyukur, partisipasi pemilih di Kabupaten Blitar naik 11 persen pada Pilkada tahun ini,” imbuhnya.

Dalam kontestasi politik ini, pasangan Mak Rini dan Makdhe Rahmat yang diberangkatkan PKB, PAN dan PKS berhasil memperoleh 365.365 (58,84%) suara, mengalahkan petahana Rijanto dan Marhaenis yang diusung PDIP, PPP, Nasdem, Demokrat, Golkar dan Gerindra mendapatkan dukungan 255.604 (41,16%) suara.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Blitar Terpilih Mak Rini mengatakan setelah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Blitar Terpilih periode 2021-2024, tidak ada lagi pasangan nol satu dan nol dua. Saatnya semua masyarakat bersatu, untuk membangun Kabupaten Blitar dan yang ada sekarang Sila ke-3 yaitu persatuan Indonesia,” ujar Mak Rini.

Lebih lanjut Bupati Blitar perempuan pertama ini menuturkan setelah nanti dilantik Februari 2021, bersama Makdhe Rahmat berkomitmen untuk membangun Kabupaten Blitar lebih baik. “Terutama mengatasi pandemi Covid-19 bersama-sama, karena pandemi tidak hanya menjadi persoalan Kabupaten Blitar, namun bangsa Indonesia dan seluruh dunia,” tutur perempuan yang kini menjabat Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur ini. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...