HomeBERITARisiko Kesehatan Saat Tidur Kurang Dari 4 Jam

Risiko Kesehatan Saat Tidur Kurang Dari 4 Jam

Illustrasi istirahat tidur (Sumber: Google)

SMNNews.co.id – Dengan padatnya aktifitas, istirahat yang cukup harus tetap dilakukan. Istirahat dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan yang paling utama adalah tidur. Waktu tidur yang cukup sangat diperlukan, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi orang dewasa, waktu yang dinyatakan cukup untuk tidur adalah 6-8 jam per hari. 

Seperti kata pepatah, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitupula dengan tidur. Waktu tidur yang lebih dari kebutuhan, dapat menyebabkan meningkatnya risiko diabetes hingga risiko penuaan dini.

Namun begitu, kurangnya waktu tidur juga tidak baik. Waktu tidur yang kurang dari 4 jam bisa meningkatkan risiko penuaan dini. Seseorang yang terbiasa begadang dan tidur sangat sebentar setiap harinya akan terlihat 9 tahun lebih tua dari usia aslinya.

Orang-orang yang tidur kurang dari 4 jam ini dipercaya akan mengalami penurunan kemampuan berpikir. Bahkan, orang-orang yang terbiasa begadang akan mengalami penurunan kemampuan penalaran, kemampuan verbal juga kemampuan untuk mengingat. Pasalnya, tidur yang kurang bisa membuat seseorang lebih mudah kehilangan kemampuan memori jangka pendek maupun jangka panjangnya. Nah, untuk itu ayo sama-sama mengusahakan agar senantiasa memiliki waktu tidur yang optimal setiap harinya. (hs/ty)

BERITA TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA