HomeBERITARSUD Bangil Mengajak Orang Tua Periksakan Anaknya yang Punya Penyakit Jantung

RSUD Bangil Mengajak Orang Tua Periksakan Anaknya yang Punya Penyakit Jantung

RSUD Bangil mengajak orang tua Periksakan anaknya yang punya Penyakit Jantung

PASURUAN, SMNNews.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil terus meningkatkan pelayanan, saat ini RSUD Bangil mengajak para orang tua untuk memeriksakan anaknya sedini mungkin, hal itu untuk menurunkan angka kesakitan hingga angka kematian anak akibat penyakit jantung bawaan, Kamis (08/12/2022).

Pemeriksaan tersebut dalam bentuk deteksi dini penyakit jantung bawaan alias skrining di poli jantung RSUD Bangil, setiap hari selama jam kerja. Dokter Spesialis Jantung RSUD Bangil, dr. David Rubiyaktho menjelaskan, penyakit jantung bawaan dapat diketahui sejak anak dilahirkan. Ada yang terlihat dengan tanda biru dan tidak.

Dilansir dari pasuruankab.go.id, Untuk tanda biru, salah satu ciri yakni bibir anak yang memiliki jantung bawaan akan berubah warna kebiru-biruan atau mirip dengan perokok dewasa ketika sedang menangis. Untuk itu, dengan adanya skrining, setidaknya dapat membantu mengidentifikasi beberapa kasus. Salah satunya mencegah kecacatan atau gangguan yang berakibat fatal.

Dengan deteksi secara dini, RSUD Bangil memiliki kepedulian dan tanggung jawab yang sama. terutama dalam membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan dalam upaya menurunkan angka kematian pada anak akibat penyakit jantung bawaan.

David mengingatkan meski tergolong jarang, penyakit jantung bawaan tetap harus diwaspadai.

Bahkan jika terdeteksi lebih awal, akan membantu kualitas hidup pasien lebih lama. Hal ini kami lakukan agar masyarakat lebih mengetahui kondisi kesehatannya,” tegasnya.

RSUD Bangil sudah memiliki EKG atau Elektrokardiogram yang merupakan alat tes sederhana yang biasa digunakan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik pada jantung.

“Selain itu, ada pula USG Jantung alias Ekokardiografi (EKG) yang dapat memeriksa struktur dan fungsi jantung dengan menggunakan gelombang ultrasonik,” tutupnya. (an)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...