HomeBERITASabun Tradisional, Rahasia Kecantikan Masa Kini Berbahan Baku Makanan

Sabun Tradisional, Rahasia Kecantikan Masa Kini Berbahan Baku Makanan

Bahan baku sabun tradisional, berikut sabun yang sudah jadi

Tulungagung, SMNnews.co.id – Pada dasarnya wanita tidak bisa dipisahkan dengan kecantikan. Mulai dari kecantikan wajah, kulit dan tubuh. Terlebih perawatan dengan bahan alami mampu menghipnotis orang yang mendekat, Sabtu (13/6).

Dilatar belakangi keprihatinan, terbongkarnya produk kecantikan yang kurang aman terhadap lingkungan, membuat seorang ibu rumah tangga di tulungagung tergerak untuk membuat olahan sabun kecantikan segar nan alami berbahan dasar makanan.

Belanja di supermarket atau swalayan bahan- bahan mudah didapatkan, seperti teh hijau , kayu manis, madu, kopi, kunyit dan lemon merupakan dasar membuat sabun kecantikan alami sekaligus menginspirasi kaum hawa.

Metode pembuatan sabun dengan cara instan dan praktis hanya mencampurkan larutan soda api dibarengi takaran minyak kelapa murni (VCO), masukkan minyak zaitun dipadu minyak biji matahari kemudian dicetak dan selanjutnya dibiarkan proses pengeringannya alami selama satu minggu.

 Sabun tradisional dapat di masak di rumah layaknya memasak makanan, seperti halnya dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga lainnya.

Berkat tangan trampilnya, sabun yang di kemas mungil memiliki tekstur bulat seperti jenang, tahan lama ternyata kaya manfaat, diantaranya dapat menghilangkan flek hitam, jerawat, mengurangi kerutan, meremajakan kulit, mengencangkan juga menjadikan badan tetap wangi.

Sabun tradisional tidak hanya dipakai di wajah saja, melainkan bila digosokkan kebadan sabun ini akan bekerja sesuai dengn jenis kulit. Kerap juga digunakan laki- laki maupun perempuan setelah beraktifitas maupun berolah raga.

Seorang ibu rumah tangga Hardianti asal Kecamatan Boyolangu awalnya ikut pelatihan olahan yang diadakan salah satu komunitas go green. Lantas dirinya mencoba membuat sendiri di rumah. “semoga sabun rumahan ini bisa menjadi alternatif perawatan kulit yang aman tanpa bahan kimiawi”.

“Ada empat macam aroma yang terkandung dalam sabun ala rumahan yaitu rasa teh hijau, kopi, kayu manis dan rasa madu. Tergantung selera karena manfaatnya sama. Bila digunakan saat di kamar mandi aromanya terasa menyebar ke ruangan”.

“Memakai sabun alami buatan saya menambah kepedean , segar, bersih dikulit , bahkan bergaul dengan siapapun jadi nyaman lantaran bau aroma sabun masih menempel di badan”, tutur Hardianti.(Gusty Indh)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...