HomeJAWA TIMURKEDIRISafari Ramadhan Perdana di PA Darul Aitam

Safari Ramadhan Perdana di PA Darul Aitam

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan.

Kediri, suaramedianasional.co.id – Tepat di hari kedua bulan suci Ramadhan, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di bulan yang penuh ampunan dan berkah ini Pemerintah Kabupaten Kediri bersama Forkopimda berkeliling ke panti asuhan berbuka puasa bersama anak-anak yatim piatu.

Tempat pertama yang menjadi lokasi Safari Ramadhan tahun ini adalah Panti Asuhan Darul Aitam Muslimat NU Kecamatan Ngasem. Acara yang digelar pada hari Selasa (7/5) ini juga dihadiri Kajari Kab. Kediri Subroto, SH. MH sebagai pemberi kultum (Kuliah Tujuh Menit), serta Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Kediri.

Menyambut Bupati beserta jajaran, Ketua Pengurus Panti Asuhan Darul Aitam Nafi’ah menyampaikan apresiasinya. “Syukur Alhamdulillah kami sudah dua kali dikunjungi oleh Bupati Kediri beserta rombongan. Hal ini dapat memberikan motivasi serta membantu dalam membimbing anak-anak panti asuhan di bidangpendidikan, agar lancar dalam meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya,” katanya.

Untuk melatih kemandirian, ada usaha UEP ( Usaha Ekonomi Produktif) berupa toko yang dikelola oleh anak-anak panti sejak tahun 2019. “Kami juga mendistribusikan buku kepada anak-anak yatim se-KecamatanNgasem, karena kami memiliki anak asuh sejumlah 409 ditambah 28 anak di panti asuhan ini,” lanjut Nafi’ah. Ia berharap kedepan terbangun sinergi yang lebih bagus lagi dengan pemerintah demi kemajuan pembangunan di Kab. Kediri.

Dalam sambutannya, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menjelaskan bahwa UEP harus terus berjalan agar panti asuhan bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada santunan dari manapun.

“Saya lihat disini ada budidaya jamur, harapannya usaha ini bisa berkembang dengan baik. Pemerintah akan selalu mendukung demi kemajaun panti asuhan untuk bisa lebih mandiri seperti memberikan pelatihan dan pembinaan dalam hal UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Bahan baku berupa jamur tersebut bisa diolah menjadi produk UMKM seperti krispi jamur, sate jamur, dan lain-lain,” kata Bupati.

Menurut Bupati, keberadaan desa wisata di Kabupaten Kediri menjadi peluang untuk memasarkan produk-produk UMKM, termasuk produksi jamur dari Panti Asuhan Darul Aitam.

“Untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak panti terdapat bantuan GNOTA. Bagi anak-anak yang naik kejenjang berikutnya bisa mengajukan bantuan tersebut. Semoga anak-anak seluruh panti asuhan di Kab. Kediri khususnya di PA Darul Aitam bisa sukses dalam pendidikan dan berguna bagi nusa, bangsa dan agama,” lanjut beliau.

Menjelang berbuka puasa, seluruh hadirin mendengarkan kultum yang disampaikan Kajari Kab. Kediri Subroto, SH. MH. Kepada anak-anak, Kajari Subroto mengajak selalu bershalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Seperti syair pada lagu rohani ‘tombo ati iku limo perkarane/perkaranya’. Jika meresapi dan mengamalkan disetiap syairnya pasti kita akan mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

“Bagi seluruh anak-anak panti asuhan saya berpesan belajarlah dengan baik dan raihlah prestasi untuk masa depan kalian. Negara selalu membutuhkan anak-anak yang cerdas untuk generasi penerus bangsa,” pesan Kajari. (kominfo/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...