HomeBERITASafari Shalat Subuh Disoroti, Bupati Ponorogo Sebut Bagian dari Ikhtiar Tolak Covid-19

Safari Shalat Subuh Disoroti, Bupati Ponorogo Sebut Bagian dari Ikhtiar Tolak Covid-19

Konferensi pers yang digelar Bupati Ponorogo tentang safari shalat subuh berjamaah, Jumat (27/03/2020)

Ponorogo, SMNNews.co.id – Kebiasaan safari shalat subuh berjamaah yang tetap dilakukan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni, di tengah himbauan pemerintah pusat untuk social distancing, menghindari kerumunan dan beribadah di rumah, menuai berbagai perdebatan.

Ramai diperdebatkan di berbagai grup media sosial, akhirnya Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni, buka suara tentang kegiatan tersebut. Ipong pun menggelar konferensi pers di Pringgitan, Jumat (27/3/2020).

Ipong beralasan, shalat berjamaah adalah bagian dari upaya menolak bala, termasuk wabah covid-19.

“Mendekatkan diri kepada Allah juga upaya melawan wabah, salah satunya dengan salat subuh berjamaah di masjid,” kilahnya.

Ipong pun menukil hadist Nabi yang artinya, “Barangsiapa mau menjalankan salat subuh berjamaah di masjid maka siangnya akan dijaga dari segala bala dan penyakit.”

Menurut Ipong, salah satu sarana menolak bala yang dianjurkan Nabi Muhammad adalah dengan memakmurkan masjid dalam bentuk salat subuh berjamaah.

Tapi Ipong mengaku bahwa agenda salat subuh jamaah keliling tersebut berbeda dengan sebelumnya, ketika belum merebak Covid-19.

“Sekarang sudah tidak ada lagi salaman, dangdutan, senam dan sarapan. Jadi tinggal salat subuh saja terus lanjut gowes (bersepeda, red),” ungkapnya.

Selain itu, kehadirannya diperlukan untuk meredam kepanikan warga dalam melawan Covid-19. Karena dengan dia hadir di tengah masyarakat dan memberikan edukasi, akan membuat mereka tenang menghadapi ancaman wabah ini.

Pemkab Ponorogo telah membentuk satgas percepatan penanganan Covid-19. Selain itu juga meliburkan sekolah, mengisolasi pondok pesantren.

Pegawai Pemkab Ponorogo juga dilarang pergi keluar kota, menutup pasar hewan, melarang pedagang sayur dari luar masuk ke Ponorogo.

Kebijakan yang terbaru, Pemkab juga melarang truk beroperasi di wilayah Ponorogo.

Pemkab juga mendirikan pos pantau suhu badan di tujuh pintu masuk Ponorogo, melarang salat jumat di masjid yang berlokasi di pinggir jalan raya, penutupan tempat hiburan, car free day, dan menghimbau pemasangan tempat cuci tangan di tempat umum. (dwp)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...