Sardi, Telaten Bersihkan Genteng Mainem

Sardi

Trenggalek,suaramedianasional – Sardi (39), salah satu keluarga Mainem (65) penerima bantuan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di RT 26 RW 08 Dusun Nitri, Desa Sumurup, Trenggalek nampak sedang memebrsihkan genteng milik kakaknya itu. Dengan Ijuk dan Jerami dirinya nampak telaten menyapu satu persatu genteng agar bersih.

Banyak cara untuk melakukannpembersihan genteng. Salah satunya dengan ijuk dan jerami. Jerami diikat seperti sapu, kemudian diajdikan pengusap genteng yang kotor.

Aktifitas pagi ini cukup membutuhkan kesabaran dan keterlatenan. Nantinya Semua genteng yang bagus akan dipergunakan lagi utuk atap rumah Mainem. Mulai genteng yang berlumut, kotor karena usai hingga genteng pecah di pilah. Gentenga yang kurang akan dibelikan sesuai bahan material yang suah disiapakan oleh TMMD reg 105 Kodim Trenggalek.

Alat yang digunakan namapak sederhana. Hanya kumpulan jerami, sapu ijuk dan kuas untuk memebrsihkan genteng yang aka dipasang. Diperkirakan besok genteng rumah Mainem sudah terpasang. Sebab, bagian Kusesn, reng dan kayu atap hari ini suah bisa diselesaikan.

“Ini njuga sama dengan rumahku juga, karena keluarga saya. Kita bantu sampai selsesai dari awal. Karena memang pemilik rumah asangat senang rumahnya dibantu,“ jelasnya, Minggu (28/7).(pendim)