Satgas TMMD Bantu Aduk Getah Pinus Milik Petani

Satgas TMMD Bantu Aduk Getah Pinus Milik Petani

Trenggalek suaramedianasional.co.id – Getah pinus yang sudah dideres atau di sadap di tempatkan dalam sebuah wadah tong plastik. Kemudian agar getah itu lebih kental, oleh petani Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Trenggalek diberi obat pengental. Oleh Satgas TMMD proses pengentalan getah itu dibantu agar kerjaan penderes getah lebih ringan.

Nampak Pelda Sujoko sedang mengaduk getah pinus milik warga yang sudah di letakkan di sisi jalan yang baru saja usai dikerjakan oleh Satgas TMMD. Jalan yang sudah lebih baik daei sebelumnya itu dijadikan jalan utama usai memperoses deres pinus yang ada. Petani getah pinus sedikit bernafas lega, sebab jalan untuk mengangkut hasil deresannya kini sudah bisa diangkut menggunakan kendaraan. Dari sebelumnya, mereka petani getah pinus harus mengangkutnya dengan tangan kosng. Bahkan tak jarang yang digendong atau di angkat diatas kepala.

Kini cerita jalan rusak, jalan becek hingga licin hanya berita burung yang enggan hinggap pada petani getah pinus di Kecamatan Bendungan, Trenggalek. Sebab petani dari warga Desa Dompyong maupun Sumurup, Kecamatan setempat sudah tidak harus merasakan beratnya medan ketika membawa hasil sadapannya ke rumah.

Sasaran fisik TMMD 105 di Trenggalek rabat jalan, ternyata memberikan secercah harapan bagi penyadap Pinus di dua desa ini. Permasalahan klise sulitnya mengangkut hasil sadapan akan bisa dimudahkan. Jalan yang selama ini licin dan terjal akan semakin mudah dijangkau dengan adanya rabat jalan. Selain menyelesaikan tugas pembangunan, Serda Edi dan Serda Sutomo, yang tergabung dalam satgas tengah membantu warga lakukan penyadapan getah Pinus di RT 18 RW 5 Dompyong. Kemudian hasilnya diserahkan kepada petani. Sedikit harapan itu akan menambah senyum dan berkah buat keluarganya.

“Kita itu selagi bisa bantu ya kita bantu semua, itu kan memang hasl kerja petani disitu, jadi kita bantu mengaduk saja agar kental katanya,“ katanya, Sabtu (27/7). (*)