HomeADVERTORIALSatpol PP Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Cukai dan Rokok Ilegal di Kecamatan...

Satpol PP Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Cukai dan Rokok Ilegal di Kecamatan Panggungrejo

Satpol PP Kabupaten Blitar bersama Bea Cukai Blitar menggelar sosialisasi gempur rokok ilegal (rokok polos) di Kecamatan Panggungrejo

BLITAR, SMNNews.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blitar bersama Bea Cukai Blitar menggelar sosialisasi gempur rokok ilegal (rokok polos) di Kecamatan Panggungrejo, Senin (14/08/2023) pagi.

Hadari dalam sosialisasi tersebut, Kasat polpp Kabupaten Blitar, Kejaksaan, Bia cukai Kabupaten Blitar, Camat Panggungrejo, Danramil Panggungrejo, Perwakilan Anggota Polsek Panggungrejo, Kades se-Kecamatan Panggungrejo, perwakilan Warga dan masyarakat penjual rokok di kecamatan Panggungrejo.

Dengan bertatap muka sosialisasi perundang- undangan bea cukai inipun dihadiri perwakilan dari dua kecamatan Puluhan pedagang makanan dan minuman serta mainan juga turut hadir dalam acara tersebut.

Sambutan Bupati Blitar yang di Wakili PLT Kasat Polpp Kabupaten Blitar Yudhi menyampaikan, mari kita gembur rokok ilegal supaya tidak merugikan negara, karena di Kabupaten Blitar ini penghasilan dari cukai rokok sangat besar dan dapat digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Blitar ini.

“Maka dari itu dengan giat sosialisasi yang dilaksanakan oleh Satpol PP Kabupaten Blitar ini, untuk mencetak dan memberantas rokok ilegal yang ada di kabupaten Blitar, sebab Sosialisasi bisa lewat dialog, lewat pengajian, dan juga bisa lewat kesenian yang disitu ada masyarakat berkumpul,” jelas Yudhi.

Karena bila rokok ilegal ini di biarkan maka negara yang dirugikan, karena pendapatan dari cukai rokok bisa untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, maupun agar masyarakat di Kabupaten Blitar sejahtera.

“Semoga dengan sosialisasi pemberantasan rokok ilegal ini, kedepannya warga Kabupaten Blitar juga ikut memberantas rokok ilegal yang beredar di seluruh Kabupaten Blitar ini, mari bersama perangi rokok ilegal, setop rokok tidak bercukai,” tegas Yuhdi.

Dalam sambutannya, Perwakilan dari Kantor Bea Cukai Sutopo mengatakan, kegiatan sosialisasi gempur rokok ilegal digelar dalam rangka menekan peredaran rokok tanpa cukai yang masih marak ditemui di tengah masyarakat.

“Adanya sosialisasi seperti ini kami berharap masyarakat menjadi paham dan bisa membedakan rokok yang bercukai dan yang tidak bercukai. Selain membahayakan kesehatan bagi penikmatnya, rokok ilegal juga merugikan negara sebab tidak dilekati pita cukai resmi dari pemerintah,” tutur Sutopo.

Sutopo juga mengatakan, pihaknya sengaja menghadirkan perwakilan pedagang dari Kecamatan Panggungrejo dalam sosialisasi gempur rokok ilegal pagi ini. Menurutnya, selain untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat, informasi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut lebih bisa diterima.

“Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi pagi ini kita laksanakan dengan bertatap muka dengan pedagang rokok di Kecamatan Panggungrejo, pentingnya sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang cukai ini ke masyarakat, agar masyarakat khususnya di Kabupaten Blitar menjadi paham ciri-ciri dan perbedaan rokok ilegal yang tidak bercukai dengan rokok yang bercukai,” terangnya.

Masih kata Sutopo, rokok tanpa pita cukai yang diproduksi tentu dapat merugikan perekonomian. Tidak hanya dari sisi penerimaan negara, namun juga mengancam keberlangsungan para pelaku usaha dalam negeri. Diapun mengajak masyarakat untuk mengenali ciri-ciri rokok ilegal dengan metode sederhana yaitu dengan pengamatan secara langsung.

“Masyarakat bisa dengan mudah mengenali ciri-ciri rokok ilegal seperti, rokok tanpa disertai pita cukai/polosan, rokok dengan pita cukai bekas, rokok dengan pita cukai palsu, dan rokok dengan pita cukai salah peruntukan,” imbuhnya.

“Kepada seluruh masyarakat kami mohon untuk tidak membeli rokok ilegal dan tidak menjual rokok ilegal. Laporkan dan berikan informasi kepada kami atau aparat penegak hukum bilamana mengetahui adanya peredaran rokok ilegal di sekitar kita,” pungkas Sutopo. (adv/dbhcht/bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

PT. Pupuk Indonesia Gelar “PI Menyapa” di Kabupaten Indramayu

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Dialog langsung dengan petani dan tebus pupuk bersama, digelar oleh PT. Pupuk Indonesia (Persero), dalam program "PI Menyapa" di aula kantor...

Tingkatkan Kapasitas, Bendahara OPD di Lingkup Pemkot Batu Ikuti Program Pengabdian Masyarakat FIA UI

KOTA BATU, SMNNews.co.id  – Pemerintah Kota Batu turut berpartispasi dalam program Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Departemen Administrasi Fiskal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia...

Bupati Blitar Hadiri Acara Petik Laut di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Wates

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara Petik Laut di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo kecamatan Wates Blitar, Kamis (18/07/2024). Turut hadir dalam acara...