HomeBERITASayembara Desain Monumen Reog Ponorogo dengan Hadiah 175 Juta, Bakal Jadi Ikon...

Sayembara Desain Monumen Reog Ponorogo dengan Hadiah 175 Juta, Bakal Jadi Ikon Ponorogo dan Nasional!

Sayembara Desain Monumen Reog Ponorogo (sumber: ponorogo.go.id)

PONOROGO, SMNNews.co.id – Pemkab Ponorogo bakal membangun Monumen Reog Ponorogo yang bertempat di atas perbukitan kapur kecamatan Sampung, Ponorogo. Monumen ini bakal menjulang setinggi 126 meter dan menjadi karya arsitektur yang ikonik.

Pemkab Ponorogo berkolaborasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Timur menggelar Sayembara Desain Monumen Reog Ponorogo dengan batas akhir pendaftaran 7 September 2022.

Deretan dewan juri berkompeten dihadirkan dalam sayembara tersebut,y akni Eko Prawoto dan Hari Sunarko dari IAI, lalu Rido Kurnianto seorang budayawan Reog Ponorogo dan akademisi, Budi Suswanto, serta juri kehormatan, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Juga tidak ketinggalan Direktorat Kerjasama Pengelolaan Usaha (DKPU) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya juga ikut terlibat dalam kepanitiaan sayembara yang berhadiah total Rp 175 juta itu.

Baca juga : Legenda Asal Usul Gunung Kelud yang Berawal dari Pengkhianatan Dewi Kilisuci

Team leader DED di DKPU-ITS Surabaya, Wawan Ardiyan Suryawan, menetapkan syarat desain Monumen Reog Ponorogo harus menggambarkan barongan macan dan dadak merak.  Fasad bangunan wajib menandakan bentuk reog.

“Harus diperhitungkan juga kekuatan struktur bangunan karena berada di ketinggian bukit,” ujar wawan.

Panitia juga memproyeksikan Monumen Reog Ponorogo menjadi landmark nasional. Hal tersebut tidak berlebihan melihat tinggi bangunan yang akan melebihi patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali yang mempunyai tinggi 121 meter dan berat 754 ton.

“Monumen Reog akan menjadi simbol sejarah peradaban Ponorogo,” lanjutnya.

Wawan Menuturkan, sudah ada yang sudah mendaftar ikut sayembara desain Monumen Reog Ponorogo, tercatat sebanyak 45 tim. 

Baca juga : Perjuangan Pangeran Diponegoro dalam Melawan Penjajahan di Tanah Jawa

Untuk kedepanya panitia akan mengumumkan nominator untuk memamerkan karya desain para pemenang sayembara berhadiah total Rp 175 juta itu.

“Kalau sudah ada pemenang, desainnya akan dituangkan dalam DED (detail engineering design),” pungkasnya. (red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....