HomeBERITASDN Wage I Taman Sidoarjo: Zakat fitrah sebagai Ajang Edukasi Siswa dan...

SDN Wage I Taman Sidoarjo: Zakat fitrah sebagai Ajang Edukasi Siswa dan Peduli Sesama

Salah satu Guru pembimbing saat mendata pendistribusian zakat fitrah dari SDN Wage I Taman Sidoarjo.

SIDOARJO, SMNNews.co.id – Bagi orang Muslim, mengeluarkan Zakat fitrah itu wajib bagi yang mampu. Biasanya zakat fitrah dikeluarkan setiap akhir bulan Ramadhan menjelang sholat Idul Fitri.

Seperti yang telah dilakukan oleh Keluarga besar SDN Wage I Taman Sidoarjo, setiap tahun sekolah ini menggelar penerimaan dan pembagian zakat fitrah di kalangan siswa-siswinya, Selasa 12/05/2020.

“Berawal dari himbauan kepada wali murid dan seluruh siswa barang kali ada yang mau berzakat fitrah, kita di sekolah siap untuk menghimpun dan mendistribusikan zakat fitrah,” ujar Slamet Wahyudi, S.Pd, M.Pd, selaku kepala sekolah.

Untuk pengumpulan dan penghimpunan zakat fitrah memang sengaja dijadwal terkait protokol penanganan Covid-19 yakni melakukan sosial Distancing dan physical Distancing dengan tujuan menghindari kerumunan massa yang lebih banyak.

Kepala Sekolah Slamet Wahyudi menambahkan, “Walaupun di tengah Pandemi Covid-19 Alhamdulillah kita masih bisa menggelar acara tahunan ini, memang tidak seperti tahun tahun sebelumnya tapi kita eksis menggelar pembagian zakat fitrah ini, merupakan sesuatu yang patut kita syukuri,” imbuhnya.

“Di tempat terpisah, Nining Nurlaili, S.Pd selaku bendahara SDN Wage I Taman Sidoarjo menjelaskan, syukur Alhamdulillah walaupun di tengah keprihatinan adanya Pandemi Covid-19 ini, kita untuk tahun ini mendapat respon yang luar biasa dari wali murid sehingga acara pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Untuk Ramadhan tahun ini SDN Wage I Taman Sidoarjo berhasil mengumpulkan dan mendistribusikan paket zakat fitrah sebanyak 136 paket.

Dari 136 paket zakat fitrah tersebut dibagikan kepada wali murid dan warga sekitar sekolah yang berhak menerimanya.

Uniknya pendistribusian zakat fitrah dari SDN Wage I Taman Sidoarjo ini, dikirim oleh pihak sekolah ke alamat yang sudah didata sebelumya, sehingga tidak merepotkan si penerima zakat, selain itu pihak sekolah menghindari Kerumunan massa yang berlebihan.

Lebih lanjut, Kepala sekolah Slamet Wahyudi, S.Pd, M.pd mengatakan, “Memang pendistribusian zakat fitrah yang kita lakukan ini skalanya masih dalam kategori kecil mas, Namun kami berharap ditahun-tahun mendatang skalanya lebih besar lagi dan bisa menjangkau lebih banyak sasaran,” katanya.

“Sebenarnya pengumpulan dan pembagian zakat fitrah yang digelar di sekolah ini bertujuan selain menjalankan perintah agama juga meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah serta sebagai ajang pembelajaran bagi anak anak untuk Peduli sesama dan berjiwa sosial,” pungkasnya. (Bry)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...