HomeTNISecara Virtual Kodim 0830/Surabaya Utara Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Secara Virtual Kodim 0830/Surabaya Utara Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Surabaya,SMNNews.co.id- Hari Lahirnya Pancasila merupakan hari dimana Pancasila pertama kali diperdengarkan kepada umum. Yaitu Pada tanggal 1 Juni 1945, saat Soekarno mengusulkan nama dasar negara kita dengan nama Pancasila. Sedangkan Hari Kesaktian Pancasila adalah hari dimana Pancasila dianggap sebagai dasar negara yang tak tergantikan dan berhubungan dengan peristiwa G30S/PKI. Hal itu dilakukan agar masyarakat memahami sejarah bangsa dan bagaimana Pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan negara, Jumat pagi (01/10/21).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini berthemakan “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” Kegiatan terpusat dilaksananakan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya Jakarta Timur, Presiden Republik Indonesia (Ir. H. Joko Widodo) dalam hal ini bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 Kodim 0830/Surabaya Utara dan segenap Jajarannya melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan dengan secara sederhana, khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Virus Covid-19, dilaksanakan secara virtual. Dalam hal ini Kodim 0830/Surabaya Utara dilaksanakan di Ruang Data Makodim dengan Perwira tertua Kasdim 0830/Surabaya Utara (Letkol Arh Drs. Adnan), dalam pelaksanaannya mengikuti upacara melalui siaran Televisi ataupun siaran langsung di kanal Youtube Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Tidak hanya itu Seluruh Personil Koramil Jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara juga melaksanakan Kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 di Makoramil masing-masing Walaupun dalam pelaksanaannya secara sederhana tetapi tetap dilaksanakan secara hikmat dan tetap disiplin dalam pelaksanaannya.

Dalam kesempatan itu Kepala Staf Kodim mengatakan meskipun peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 pelaksanaanya digelar secara virtual dan sederhana, namun tidak mengurangi makna dari momentum Hari Kesaktian Pancasila itu sendiri. Melalui momentum ini kita mengingatkan kembali sejarah bangsa, bagaimana ideologi Pancasila, khususnya bagi generasi muda untuk dapat mengisi dan menunaikan nilai nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi untuk Indonesia,” terangnya. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...