HomeLIFESTYLESejarah Ditetapkannya Hari Musik Nasional Pada 9 Maret

Sejarah Ditetapkannya Hari Musik Nasional Pada 9 Maret

Hari Musik Nasional di Peringati Setiap Tanggal 9 Maret

SMNNews.co.id – Penetapan tanggal Hari Musik Nasional bermula dari pemilihan tanggal lahir komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman, atau lebih dikenal dengan W. R. Supratman, Ada pula yang mengklaim bahwa komponis Indonesia Raya ini lahir pada 9 Maret 1903. Dikutip dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Kamis (9/3/2023).

Alhasil, melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013, Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia keenam saat itu, menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

Menurut Perpres tersebut, musik adalah manifestasi budaya global dan multifaset yang mencerminkan cita-cita luhur manusia dan memainkan peran penting dalam pembangunan nasional.

Berdasarkan hal tersebut, 9 Maret ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi musisi Indonesia, serta meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat status musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional.

Sedangkan W. R. Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903. Kesimpulan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Pengadilan Negeri Purworejo No. 04/Pdt/P/2007/PN PWR tanggal 29 Maret 2007. Putusan pengadilan tersebut adalah disetujui oleh keluarga W.R. Supratman.

Meskipun demikian, Hari Musik Nasional pada hakekatnya merupakan simbol kebangkitan musik nasional dan daerah. Dengan diadakannya Hari Musik Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan gairah dan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap musik Indonesia.(red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...