HomeADVERTORIALSekda Kota Blitar Gelar Sarasehan Bersama Kaum Perempuan, Bahas Peran Perempuan dalam...

Sekda Kota Blitar Gelar Sarasehan Bersama Kaum Perempuan, Bahas Peran Perempuan dalam Penanggulangan Bencana

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Priyo Suhartono saat membuka secara resmi Forum Group Discussion (FGD) Peran Perempuan di Dalam Penanggulangan Bencana

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Priyo Suhartono menilai perempuan memiliki peran strategis dalam menghadapi bencana agar resiko yang ditimbulkan dapat ditekan melalui peningkatan peran perempuan dalam penanggulangan bencana.

Hal itu disampaikan Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono saat membuka secara resmi Forum Group Discussion (FGD) Peran Perempuan di Dalam Penanggulangan Bencana yang digelar BPBD Kota Blitar di Lesehan President 2, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga : Melalui DP3AP2KB, Pemkot Blitar Gelar Workshop Partisipasi Perempuan di Bidang Politik

Lebih lanjut ia menyampaikan, peningkatan perempuan dalam menghadapi bencana, perlu dilakukan peningkatan kapasitas tentang mitigasi bencana yang menyeluruh terhadap perempuan agar mereka memiliki pengetahuan dan kesadaran serta keterampilan pada saat menghadapi bencana.

“Peran perempuan terkait penanggulangan bencana sangat urgen sebab memiliki kemampuan dalam hal pelayanan sosial,” jelasnya.

Dijelaskannya, peran perempuan terhadap penanggulangan bencana terdapat tiga tingkatan yakni pertama Pra-Bencana seperti melakukan sosialisasi, penyuluhan dan membersihkan lingkungan sekitar masyarakat sebelum adanya bencana.

Baca Juga : Sekda Kota Blitar Ajak Ormas Tingkatkan Sinergitas dan Solidaritas Guna Wujudkan Blitar Keren

“Selanjutnya, kedua, tanggap darurat seperti mendirikan dapur umum darurat, menyiapkan logistik dan melakukan assessment awal dan terakhir, Pasca Bencana seperti melakukan pemulihan psikologis korban dengan trauma healing,” terangnya.

Terakhir, ia mengajak kaum perempuan meningkatkan peran sertanya terlibat dalam mitigasi bencana mulai dari pemulihan, rehabilitasi sampai rekontruksi pasca bencana. (adv/kmf/bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Antisipasi Pasca Teror di Mapolsek Astana Anyar, Polres Tulang Bawang Barat Perketat Penjagaan Mako

TULANG BAWANG BARAT, SMNNews.co.id – Polres Tulang Bawang Barat Polda Lampung memperketat pengamanan Mako Polres untuk mengantisipasi kemungkinan adanya Pelaku teror bom. "Sebagaimana penekanan dari Kapolda...

Bolo Dewan Menyapa, Pasuruan Bicara!

PASURUAN, SMNNews.co.id - Bentuk kedekatan dengan masyarakat di Kabupaten Pasuruan, DPRD Kabupaten Pasuruan mempunyai program "Bolo Dewan Menyapa, Pasuruan Bicara". Diskusi ini digelar di Jalan...

Jenguk Korban Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Kapolri : Tetap Semangat Lindungi Masyarakat

BANDUNG, SMNNews.co.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjenguk masyarakat dan personel polri yang menjadi korban peristiwa bom bunuh diri Mapolsek Astana Anyar di...