HomeBERITASekda Pemkab Blitar Buka Workshop Evaluasi Dana Desa Via Siskeudes

Sekda Pemkab Blitar Buka Workshop Evaluasi Dana Desa Via Siskeudes

Sekda Kabupaten Blitar Totok Subihandono saat membuka workshop evaluasi aplikasi Siskeudes di Pendopo Sasana Adhi Praja.

Blitar, SMNNews.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar Drs. Totok Subihandono, M.Si membuka acara ‘Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 di Kabupaten Blitar Tahun 2019’ di pendopo Sasana Adipraja kantor Bupati Blitar, Selasa (19/11/2019).

Melalui kegiatan itu, Totok berharap perangkat desa di seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) Kabupaten Blitar untuk mampu mengelola keuangan yang dimulai dari perencanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban dana desa secara transparan dan akuntabel melalui aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) versi 2.0 tahun 2019 yang dirilis oleh BPKP Republik Indonesia.

Dia juga mengajak kepala desa terpilih hasil Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak Kabupaten Blitar pada 15 Oktober 2019 melibatkan 167 desa, untuk melanjutkan prestasi pembangunan dan pelaksanaan dana desa yang positif oleh pemerintahan desa sebelumnya.

Untuk itu, dia mengimbau untuk bersinergi bersama perangkat desa guna mensukseskan optimalisasi pelaksanaan dan pertanggungjawaban dana desa melalui Siskeudes tahun 2020 yang sudah menggunakan versi 2.0 R2.0.2.

“Tentu desa nanti harus profesional dan akuntabel pelaksanaan serta pertanggungjawaban dana desa. Aplikasi Siskeudes ini juga fasilitasi BPKP, Kemendageri, dan bina pemerintahan desa Kemendageri. Makanya dalam mengelola APBDes, perangkat desa harus mampu mengoptimalkan peran dari Siskeudes versi 2.0 tahun ini,” jelas Totok.

Informasi lebih lanjut, pada acara ini diikuti oleh Camat, Lurah dan Kepala Desa se- Kabupaten Blitar. Hadir sebagai panelis workshop Kepala Pusat Pemantauan Pelaksanaan Undang-Undang Badan Keahlian DPR RI, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendageri, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur dan Pimpinan BPKP pusat. (kmf/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...

Pipa PDAM Kota Malang Bocor dan Buat Jalan Ambrol, Satu Mobil Terperosok!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id – Pipa PDAM yang terletak di perempatan Ranugrati Kota Malang jebol dan membuat jalan aspalnya ambrol. Hal ini menyebabkan satu mobil terperosok...