HomeSUARA DAERAHSekdaprov Imbau Masyarakat Laporkan BNN Jika ada Pengguna Narkoba

Sekdaprov Imbau Masyarakat Laporkan BNN Jika ada Pengguna Narkoba

sekdaprov Jatim rapat sosialisasi Inpres 6 2018 dgn BNN

Surabaya, Suaramedianasional.co.id – Sekretaris Daerah Prov. Jatim, Dr. Heru Tjahjono menghimbau kepada seluruh masyarakat Jawa Timur agar peduli terhadap bahaya narkoba. Imbauan itu disampaikan karena peredaran narkoba dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, penggunannya terus meluas hingga tataran usia sekolah.

“Kalau masyarakat yang mengetahui ada pengguna, pemakai hingga pengedar narkoba agar segera melaporkan kepada BNN (Badan Narkotika Nasional) atau ke aparat keamanan terkait,” ujar Sekdaprov. Jatim, Dr. Heru Tjahjono saat membuka sosialisasi Inpres 6 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika tahun 2018 – 2019 di Ruang Bhinaloka, Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan 110, Surabaya, Selasa (8/1).

Sekdaprov mengaku prihatin, bahwa pengguna narkoba telah meluas hingga anak sekolah. Lebih memprihatinkan lagi terdapat seorang anak di sebuah daerah yang rela menjual diri hanya untuk membeli obat-obatan terlarang seperti narkoba.

Hingga saat ini penyalahgunaan narkoba di Jatim, di dominasi oleh generasi muda dengan rentan usia 15-60 tahun. Jumlahnya mencapai 667.981 orang. Melihat kondisi tersebut, Heru Tjahjono berharap kepada semua masyarakat agar dapat mengambil peran dengan cara melaporkan kepada BNN atau aparat keamanan untuk segera di tindak dan di lakukan penyembuhan atau rehabilitasi.

Sekdaprov memandang perlu langkah optimal bersama seluruh stakeholder terkait dalam Penanggulangan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) melalui kegiatan sosialisasi, penegakan hukum, terapi dan rehabilitasi.

“Perlu wujud nyata dan komitmen bersama baik dari unsur pemerintah, keamanan, organisasi perangkat daerah (OPD), lembaga sosial, keagamaan, pendidikan maupun pemuda serta seluruh komponen masyarakat untuk bersatu melakukan rencana aksi (action plan) mendukung program P4GN,” imbuhnya.

Dalam laporannya, Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jatim, Ria Damayanti SH MM berharap dukungan semua elemen baik dari OPD, Akademisi, instansi vertikal baik BUMN serta BUMD dalam memberantas narkoba.

Ia berharap, kegiatan sosialisasi ini bisa menggugah seluruh instansi dan stakeholder dalam mengimplementasikan rencana aksi P4GN dengan menyesuaikan tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi. “Semoga ikhtiar kita ini dapat menyelamatkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba,” tutupnya. (*).

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...

Momen Idul Fitri, Kejari Pasaman Gelar Halal Bihalal dan Silaturahmi

PASAMAN, SMNNews.co.id - Momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah kali ini, Kejaksaan Negeri Pasaman gelar open house sembari jalin silaturahmi dengan seluruh komponen...

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Bahas Dua Agenda Penting

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (18/04/2024). Rapat Paripurna yang...