Sekelumit Rumah Boinem, Tampak Atap Rumah Kayu Jati Disiapkan

Sekelumit Rumah Boinem, Tampak Atap Rumah Kayu Jati Disiapkan

Trenggalek, suaramedianasional.co.id – Dari belakang nampak istana megah berdiri kokoh. Itu adalah rumah Boinem (55), warga yang memeproleh bedah rumah TMMD Reg 105 Trenggalek.

Di desanya, warga Dusun Nitri, Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Trenggalek Bonem hanyamendiami rumah tua yang tidak layak huni. Sehingga sudah sepantasnya memeproleh bantuan bedah rumah. Kini rumahnya sudahberubah dari sebelumnya yang reot tak beraturan.

Terlihat dinding rumah juga sudah kuat dari batako. Tinggal pemasangan atap rumah yang sedang dikerjakan. Serda Purwanto yang tergabung dalam satgas TMMD membantu warga bernama Sidik (37) warga setempat membuat peyambung kayu untuk kuda –kuda atap rumah Boinem.

Proses penyambungan kayu memamg harus dilakukan oleh tukang kayu dan ahli. Tidak semua orang bisa. Maka dari itu, Satgas TMMD yang kut membangun rumah Boinem mencoba membantu Sidik untuk itu.

Kayu mula-mula dirapikan pada bagian ujung dengan gergaji. Ukurankayu disam ratakan untuk prosespenyambungan. Antara kayu satu dan lannya dibuatkan lobang untuk baut sambungan. Setelah di perhalus da di gergaji, kayu kemudian disamung.

Rencananya, kayu itu aka dijadikan batangan atap ruah untuk penyangga kusen dan reng atap rumah. Semakin bagus sambungan maka smakin bagus pula blandar atap tersebut. Progres ini dikebut untuk dikerjakan. Agar istana Boinem bsa cepat disinggahi dan menjadi rumah yang layak huni. Bukan marmer atau keramik halus digunakan. Melainkan rabat dasaran yang nantinya akan dikeramik untuk progress selanjutnya.

“Kalau melihat rumahnya sekarang ya sudah bagus mas. Lihat saja belakang saya itu, alhamdulillah layak huni sekarang,” jelasnya, Rabu (24/7).(*)