HomeADVERTORIALSekitar 14.000 Pemudik Masuk Blitar Raya, Bagaimana Antisipasinya

Sekitar 14.000 Pemudik Masuk Blitar Raya, Bagaimana Antisipasinya

Krina Yekti juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kab. Blitar.

BLITAR, SMNNews.co.id – Dari data yang dimiliki Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, sejak Maret 2020 lalu hingga 25 April 2020 sudah 13.774 pemudik yang masuk Blitar.

Disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti jika dari data yang ada jumlah pemudik yang sudah masuk ke wilayah Kabupaten Blitar sejak Maret sampai 25 April 2020 sebanyak 13.774 orang. “Data itu termasuk dari luar daerah dan dari luar negeri atau Pekerja Migran Indonesia (PMI),” tutur Krisna, Senin (27/4/2020).

Dijelaskannya jumlah tersebut juga termasuk 723 Orang Dalam Pemantauan (ODP) untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19). “Semua pemudik yang terdata ini, sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan (Screaning),” jelasnya.

Diungkapkan Krisna semuanya wajib menjalankan isolasi mandiri, selama 14 hari di rumah-Nya dan dipantau oleh petugas kesehatan dari puskesmas atau puskesmas pembantu (Pustu). “Melalui RT/RW para pemudik ini wajib lapor, termasuk harus menjalani isolasi mandiri,” ungkapnya.

Hingga saat ini, masih ada yang menjalani masa isolasi mandiri dan terus dipantau. Bahkan Pemkab Blitar telah menyediakan 220 tempat isolasi mandiri di tiap desa, dengan memanfaatkan gedung sekolah, ruangan kantor desa atau rumah warga.

Selain isolasi mandiri di tiap desa, Pemkab Blitar Juga menyiapkan 2 lokasi karantina di sebelah timur dan barat jalur utama Kabupaten Blitar. Untuk sebelah timur, disediakan di Gedung Local Education Center (LEC) Kecamatan Garum. Sedangkan di sebelah barat, disiapkan Asrama Perawat di RSUD Srengat yang baru selesai di bangun.

“Termasuk menyiapkan RSUD Srengat, menjadi RS penyangga rujukan dalam menangani Covid-19 dan secepatnya diresmikan,” pungkas Krisna. (kmf/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...