Selamatan Desa, Arak-Arakan Budaya Tetap Kental di Mangliawan

Wakil Bupati Malang Sanusi saat melepas bibit ikan di dampingi Sekcam Pakis dan Kepala Desa Mangliawan beserta perangkat Desa.
Malang, suaramedianasional.co.id – Budaya Malang kental dalam kehidupan masyarakat Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis dan hal itu ditunjukkan pula saat acara selamatan Bersih Desa Mangliawan, Sabtu (26/4).
Acara itu juga membuat Wakil Bupati Malang, Sanusi, menghadiri selamatan desa yang rutin diadakan tiap tahun tersebut. “Kami berharap kehidupan budaya di Mangliawan ini dapat dilestarikan,” ujar Sanusi.
Wabup Sanusi juga melakukan pelepasan burung dan bibit ikan di kawasan wisata Wendit.
Menurut Penjabat (Pj) Kades Mangliawan, Ahmad Agus Darmawan, masyarakat setempat memiliki acara ritual tahunan di sumber Wendit dan selama ini cukup mampu menarik minat wisatawan untuk melihatnya. “Kami harap perhatian Pemkab Malang juga makin besar untuk Desa Mangliawan ini,” ujar Darmawan, sapaan akrabnya.
Selain peningkatan perhatian pada potensi wisata yang ada di Mangliawan, Darmawan juga meminta agar Pemkab juga memberikan perhatian pada kehidupan masyarakat Mangliawan, termasuk kejelasan pengelolaan sumber air dari desa itu, yang selama ini mengaliri banyak wilayah lain. “Jangan sampai, pusatnya dari desa ini, namun malah masyarakat desa ini ditinggalkan,” ungkapnya. (yop)