Semua Kompak Terkait Jalan Tembus Karo – Deli Serdang

Jumat (01/3) dilakukan diskusi bersama Pemkab Karo dan Pemkab Deli Serdang bersama perwakilan Komisi D DPRD Provinsi Sumut serta Kepala UPT Kawasan Hutan Konservasi Tahura Bukit Barisan.

Karo, suaramedianasional.co.id – Lampu hijau untuk adanya jalan 

tembus ke Kabupaten Deli Serdang, tampaknya kian terang. Jumat (01/3) dilakukan diskusi bersama Pemkab Karo dan Pemkab Deli Serdang bersama perwakilan Komisi D DPRD Provinsi Sumut serta Kepala UPT Kawasan Hutan Konservasi Tahura Bukit Barisan. “Pada intinya DPRD mendukung adanya jalan Deli Serdang yang tembus ke Karo, namun karena ini melintasi kawasan hutan lindung perlu diurus izin-izinnya ke Kementerian Kehutanan,” ujar Bakasmi Ginting dari Komisi D DPRD Sumut.
Baskami juga menuturkan sudah ada peninjauan lapangan walau tanpa diikuti Bupati Karo, Terkelin Brahmana yang saat itu sedang menyambut kedatangan gubernur. “Intinya kami dukung, jalan dari Karo ini kan nanti tembusnya di Rumah Liang, ada hutan lindung Tahura di antaranya,  panjangnya sekitar 3 kilometer dan ini yang harus kita bisa urus sampai ke pusat,” ungkap Baskami.
Pemkab Karo sudah membangun jalan di depan kawasan hutan ini dan sudah pula menyurat ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak 24 januari 2019 dan ke Gubernur Sumut pada 20 Februari 2019. “Namun sayangnya langkah ini belum diikuti oleh Pemkab Deli Serdang yang juga berkepentingan akan pembukaan jalan tembus ini,” ujar Kepala UPT Kawasan Konservasi Hutan Tahura, Ramlan Barus. 
Walau demikian, Camat Rumah Liang Budiman Sembiring menjamjn bahwa bupati Deli Serdang Ashari Tambunan antusias menyokong proyek jalan lintas kabupaten ini. “Apalagi sejak dahulu masyarakat Karo dan Deli Serdang adalah warga yang akur dan saling mengunjungi,” ungkap Budiman
Dukungan dari berbagai pihak ini rencananya akan dibawa ke pusat agar terketuk kepedulian untuk mengizinkan jalan tembus ini terwujud. (ius)