HomeBERITASepanjang Pandemi, 208 Nakes Ngawi Terpapar Covid-19 dan 3 Orang Meninggal

Sepanjang Pandemi, 208 Nakes Ngawi Terpapar Covid-19 dan 3 Orang Meninggal

Masih memakai OPD, 2 nakes Ngawi ini istirahat sejenak usai beberapa kali mengantar pasien rujukan Covid -19.

NGAWI, SMNNews.co.id – Ratusan tenaga kesehatan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, terpapar Covid-19. Data di Dinas Kesehatan, ada 208 nakes terkonfimasi positif sepanjang pandemi ini dan 3 orang diantaranya meninggal dunia.

“Korban meninggal ada 3 nakes dan sebanyak 89 masih positif. Ada 68 orang tidak bergejala (OTG) atau hanya gejala ringan, 17 orang gejalanya sedang dan 4 orang bergejala berat.” ungkap Yudono, Kepala Dinas Kesehatan Ngawi, Senin (12/7/2021).

Ratusan nakes yang terpapar, dari berbagai posisi tugas mulai dari tenaga administrasi, tenaga laborat, perawat, bidan sampai dokter. Penderita dengan gejala sedang dan berat, semestinya dirawat di rumah sakit namun mulai sulit mendapatkan ruang.

Yudono minta agar Covid-19 tidak disepelekan. Masyarakat diharap bekerjasama, patuh PPKM dan tidak abai protokol kesehatan agar tidak menambah jumlah pasien Covid-19.

“Kami meminta semua pihak patuhi prokes dan mari melawan wabah ini secara bersama-sama,” harap Yudono.

Harapan ini tampaknya masih bertepuk sebelah tangan. Pasien Covid-19 terus bertambah dan membuat resiko nakes untuk terpapar masih besar. Sampai 12 Juli 2021, ada 4.308 orang terkonfirmasi positif, sebanyak 3.355 orang sudah sembuh , 409 korban meninggal dunia dan 444 pasien masih aktif.

Penerapan PPKM darurat juga telah membuat masalah baru yakni merosotnya ekonomi dan daya beli masyarakat. Tak pelak, hal itu menimbulkan kontroversi dan memicu penolakan warga.

“Kami jelas terdampak, apalagi di masa PPKM darurat ini. Sekarang bisa jualan dan kembali modal juga sudah bagus,” ujar Endang, seorang penjual angkringan di Kota Ngawi.

Akibat dampak Covid-19 terhadap perekonomian masyarakat, ASN di Ngawi kini diminta lebih peka sosial dan sukarela membantu lingkungan sekitarnya. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...