HomeBERITASetiap Tahun Inspektorat Selalu Temukan Pelanggaran Keuangan Desa, Mark Up Modus yang...

Setiap Tahun Inspektorat Selalu Temukan Pelanggaran Keuangan Desa, Mark Up Modus yang Mendominasi

Yulianto Kusprasetyo, Inspektur Ngawi

NGAWI, SMNNews.co.id – Inspektur Kabupaten Ngawi, Yulianto Kusprasetyo, mengakui bahwa setiap tahun selalu menemukan penyimpangan keuangan di tingkat pemerintahan desa.

Padahal, tenaga pemeriksa dan waktu pemeriksaan oleh Inspektorat masih terbatas. Yulianto bahkan mengakui bahwa pihaknya memeriksa reguler biasanya di tengah waktu anggaran berjalan. Setelah pemeriksaan pun, bisa terjadi penyimpangan.

“Tidak mungkin juga tenaga pemeriksa akan memeriksa keuangan desa saja, kita ada batasan waktu,” kilahnya.

Diakuinya pula, masih banyak peluang terjadinya penyimpangan atau pelanggaran yang luput karena kendala tenaga danwaktu yang terbatas.

“Setiap tahun ya ada saja temuan. Namun penyelesaian oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) itu ya memang memperbaiki dan mencegah kerugian uang negara. Sanksi dari APIP bila ada penyelewengan, ya dana dikembalikan,” ujar Yulianto.

Yulianto juga mengakui saat ini APIP juga meluncur ke beberapa desa berkaitan dengan laporan-laporan masyarakat.

“Pemeriksaan kami kan bisa dilakukan karena jadwal reguler artinya memang jadwalnya memeriksa. Kedua karena adanya dugaan kasus misalnya ya laporan masyarakat ataupun ketika ada yang jadi sorotan media. APIP bisa turun kalau otu terjadi,” ungkapnya.

Mengenai tingkat kerugian dan pos anggaran desa yang rentan diselewengkan, Yulianto mengakui hal itu beragam.

Ada beberapa modus penyalahgunaan dana negara dan itu terjadi pula di tingkat pemerintahan desa. Diantaranya dengan menggelembungkan anggaran (mark up), manipulasi anggaran dan pengurangan volume pekerjaan.

“Sampai saat ini, mark up atau memberikan kelebihan bayar masih paling sering menjadi temuan APIP untuk pelanggaran atau penyimpangan keuangan tingkat desa,” tukasnya. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...