HomeSUARA DAERAHSIARAN PER Pakde Karwo : HPN Beri Dampak Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat...

SIARAN PER Pakde Karwo : HPN Beri Dampak Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Jatim

Gubernur Jawa Timur berikan sambutan pada acara Konvensi Nasional Media Massa di Sheraton Surabaya.

Surabaya, Suaramediansional.co.id – Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 7-9 Februari 2019 di Jawa Timur memberi dampak bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal itu terbukti dari banyaknya kegiatan yang dilakukan dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga sektor penginapan dan restoran.

“Sekitar 15.000 media dari seluruh Indonesia hadir dalam HPN. Semua hotel dan restoran di Jatim khususnya surabaya penuh. Bahkan, Bapak Presiden terpaksa harus menginap di hotel setara bintang 4 karena hotel banyak yang penuh,” ujar Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo saat memberikan sambutan pada acara Ramah Tamah dan Jamuan Makan Malam dalam Rangka HPN 2019 dan Golden Award Siwo PWI 2019 di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (8/2) malam.

Dihadapan pejabat negara yang hadir, mulai dari Jaksa Agung, Menteri Kabinet Kerja dan Insan Pers, Pakde Karwo mengatakan, pelaksanaan HPN tahun 2019 di Jatim terasa sepesial dengan mengambil tema Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital.

Menurutnya, tema tersebut merupakan jawaban atas keterlibatan pers dalam menyampaikan pemberitaan masyarakat yang berpihak kepada pelaku ekonomi menengah. Selama ini, Pakde Karwo menilai, pemberitaan yang terinformasikan hanya sebatas yang besar-besar saja. Padahal, terdapat UMKM atau IKM yang juga harus di informasikan. Karena, menurut Pakde Karwo, sektor UMKM menjadi basis utama dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia khususnya Jatum.

“Lewat tema ini, pers mengambil jalan lain untuk membantu UKM atau IKM dalam memasarkan dan mengenalkan produknya untuk menyejahterakan rakyatnya,” imbuhnya.

Tak hanya di sektor UMKM saja yang terimbas positifnya. Tetapi melalui HPN 2019, masyarakat diajarkan untuk belajar dan ikut merasakan penyebarluasan informasi lewat digital. “Setiap hari HPN penuh dengan kehadiran masyarakat yang ingin belajar tentang majunya informasi melalui teknologi yang ada di media dan memanfaatkan teknologi dengan baik,” terangnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PWI H. Attal Sembiring Depari menyampaiman rasa terima kasihnya kepada Jawa Timur yang mampu menjadi tuan rumah dengan sangat baik dan hebat.

Menurutnya, Jatim mampu membuat program pada HPN dengan menyentuh langsung antara pemerintah, pers dan masyarakat. Salah satu buktinya berupa kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di Pulau Madura tepatnya Bangkalan. Tak hanya itu, sebagai tuan rumah, Jatim juga melakukan bedah rumah hingga pembuatan jamban kepada masyarakat kurang mampu.

“Pelaksanaan HPN di Jatim terbilang hebat. Tidak bisa ditandingi oleh provinsi lain. Semua ini berkat kepemimpinan Pakde Karwo yang telah luar biasa mengorganisir HPN sebagai tuan rumah berjalan dengan baik,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan Golden Award  Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) 2019 yang diberikan kepada Menteri, Pejabat Negara, Gubernur, Bupati/Walikota atlet berprestasi, tokoh masyarakat  yang memberikan sumbangsih bagi peningkatan prestasi di dunia olahraga. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...