HomeBERITASMK Negeri 1 Doko Blitar, Gelar Giat MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)...

SMK Negeri 1 Doko Blitar, Gelar Giat MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Tahun Ajaran 2022/2023

Kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMK Negeri 1 Doko Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 18 hingga 22 Juli 2022 berjalan dengan baik, Tidak terjadi uji mental yang mengakibatkan kekerasan fisik dalam pelaksanaan (MPLS) di lembaga-lembaga sekolah yang ada di Kabupaten Ini, seperti di SMK Negeri 1 Doko yang sesuai arah kegiatan untuk pengenalan lingkungan, Rabu (20/07/2022) di Gedung SMK Negeri 1 Doko.

T. Indrayati, S.Pd., M.Si, Waka Kesiswaan SMK Negeri 1 Doko Blitar saat dijumpai awak media menyebutkan, “Masa Pengenalan Linkungan Sekolah (MPLS) berlangsung saat ini, Sesuai himbauan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Blitar kepada lembaga sekolah agar tidak melakukan tindakan yang mengakibatkan kurang baik terhadap anak, telah diwujudkan pada pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di lembaga sekolah yang berada di SMK Negeri 1 Doko Blitar ini. Diantaranya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pengenalan lingkungan sekolah, baik sarana prasarana yang ada, maupun para pendidik dan karyawan-karyawati di lembaga sekolah ini,” jelas T. Indrayati.

Rita Kusumawati Sp, selaku MPLS SMK Negeri 1 Doko Blitar menambahkan, “MPLS dimaksudkan untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru dengan tujuan untuk:

1. Mengenali potensi diri peserta didik baru.

2. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru.

4. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya.

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,” ucap Rita.

Karena pelaksanaan MPLS tahun ini bertepatan dengan pemulihan pandemi Covib 19, maka dari itu materi ringan yang diberikan tidak seperti MPLS yang berlangsung sebel adanya pandemi covib 19, Materi yang diberikan diantaranya, wawasan Wiyata Mandala dan materi yang arahnya pada peningkatan keimanan dan ketakwaan. Pihaknya berharap dengan kegiatan itu selain tambahnya iman dan takwa juga disiplin sehingga output yang diperoleh dapat lebih bagus.

“Siswa baru di SMK Negeri 1 Doko Blitar ada sekitar 709 Siswa yang terbagi 2 rombongan belajar dari 6 program keahlian yang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dalam kegiatan yang mengarah agar siswa bisa adaptasi di lingkungan yang baru ini dipandu pengurus OSIS sebagai panitia Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS),” pungkas Rita. (bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polsek Doko Laksanakan Giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan

BLITAR, SMNNews.co.id - Polsek Doko melaksanakan giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Jumat (19/04/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas...

Kapolsek Larangan dan Anggota Datangi TKP Dugaan Seseorang Bunuh Diri

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kapolsek Larangan Iptu Kadarisman, bersama anggotanya mendatangi TKP dugaan seseorang bunuh diri di Dsn. Kendal Ds. Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan,...

Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Blitar Tanggapi 3 Ranperda Usulan Bupati Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar menanggapi 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Bupati. Tanggapan itu dikemas dalam Rapat Paripurna dengan agenda...