Spirit Menebalkan NKRI dan Menyuburkan Nilai Pancasila

Spirit Menebalkan NKRI dan Menyuburkan Nilai Pancasila

Trenggalek, suaramedianasional.co.id -Selain membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah-daerah tertinggal, Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin menyebut ajang TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) juga bisa dijadikan menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap NKRI dan ideologi Pancasila.

“Sebah gotong royong adalah roh utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila. Melalui TMMD masyarakat dan TNI juga pmerintah daerah, Polri, warga desa hingga organisasi kemasyarakatan turun tangan membangun desanya,” ungkap Nur Arifin kepada awak media usai membuka pelaksanaan TMMD ke 105 yang berlangsung di Lapangan Desa Surenlor Kecamatan Bendungan.

Menurut Gus Ipin, sapaan Bupati Trenggalek ini, dngan kegiatan yang bersifat kebersamaan juga bisa mencegah terorisme dan radikalisme. Gerakan radikalisme yang memaksakan kehendak sendiri dengan cara-cara pada akhirnya yang membabi buta akan mendatangkan kemudlaratan.

“Sedangkan di TMMD, masyarakat secara bersama-sama memperbaiki desanya tidak hanya berupa fisik juga ada pembinaan mental spiritual lewat sarasehan, penyuluhan dan kegiatan sosial lainnya,” tandas Gus Ipin saat ditemui, Senin (22/7).

Pada sisi lain, dia mengaku bangga dengan pelaksanaan bakti TMMD di wilayahynya. Sebab, kehadiran TMMD bisa membuat pekerjaan yang kelihatannya berat bisa menjadi ringan karena dilaksanakan secara bersama-sama.

Dengan berbekal jiwa guyub dan gotong royong, TNI memiliki komitmen yang kuat melaksanakan program. Bukan semata- mata pengerjaan fisik melainkan menumbuhkan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki. “Demikian juga dengan hasil yang dipetik juga sangat berkualitas dan langsung bisa dirasakan hasilnya oleh masyarakat,” katanya.(Pendim)