HomeBERITA“SPLIT ESPRESSO” Kedai Kopi Minimalis yang Menjual Rasa

“SPLIT ESPRESSO” Kedai Kopi Minimalis yang Menjual Rasa

Ardi dan Kiki, pasangan pemilik kedai kopi Split Espresso.

BLITAR, SMNNews.co.id – Melalui pergulatan dunia perkopian saat ini, salah satu kedai kopi di Kota Blitar yang bernama “SPLIT ESPRESSO” malah muncul sebagai pembeda.

Kedai kopi satu ini mulai menjajakan kopinya pada bulan November 2019, yang awal bertempat di jalan Veteran kemudian kini pindah pada jalan Mawar.

Terhitung dari tahun 2017 sampai tahun 2021 pasar kopi di Blitar mulai lagi naik-naiknya, terutama pada pasar anak muda yang kini mulai memiliki kebiasaan nongkrong dan ngopi. Dari berbagai banyaknya kedai kopi di Blitar yang biasanya menjadi pembeda dari kedai lainnya yaitu desain dari tempatnya itu sendiri, tapi kedai kopi satu ini muncul sebagai pembeda.

Kedai kopi Split Espresso lebih mengoptimalkan rasa dari pada tempat. Berjualan rasa malah menjadi daya tarik pada kedai satu ini. Dengan berpengalamannya pemilik kedai, yaitu mas Ardi dan mbak Kiki mereka berani bersaing rasa.

“Awalnya kuliah kerja di kopian tapi bukan jadi barista hanya server dan cuci-cuci piring. Lalu disuruh coba bikin kopi tubruk dan vietnam drip, saya menjadi tertarik. Sempat pindah-pindah tempat kerja cari relasi dan pengalaman, sampai akhirnya setelah nikah buka sendiri di Blitar,” ungkap Ardi.

Terhitung dari mas Ardi dan mbak Kiki yang sudah berpengalaman dari pernah bekerja di beberapa kedai kopi yang ada di Malang, sampai mempunyai bisnis kecil-kecilan kopi susu di rumah sampai berkembang menjadi kedai kopi Split Espresso.

Pengunjung yang sedang menikmati specialty coffee.

“Modalnya hanya pengalaman sama nekat. Di Blitar kebanyakan francise saya lebih ke specialty. Specialty itu lebih ke kopi berkualitas rasa enak proses yang bagus,” jelasnya.

Untuk rasa, kedai ini memang memiliki rasa di atas rata-rata kedai lainnya, di sebabkan pemilik paham betul tentang dunia perkopian. Apalagi di kedai ini memakai kopi specialty  yaitu kopi yang berkualitas dengan aroma dan rasa yang enak serta dari proses yang bagus.

Specialty split fokusnya ke espresso, jadi kita lebih mengoptimalkan espresso base-nya. Saat ini ada varian Import Ethiopian, Tanzania dan Burgundi,” ujarnya.

Dan lebih spesifiknya specialty coffee adalah kopi yang memiliki score lebih dari 85 yang di nilai langsung oleh SCA (Specialty Coffee Association).  Membuat signature racikan sendiri dari Split pun mempunyai cita rasa tinggi dan jarang ditemui di tempat lain.

“Mungkin untuk signatur yang tidak ada di tempat lain itu, yang cuma ada di sini adalah moctail coffee dicampur dengan jus buah, bisa bunga. Moctail ini yang membuat split beda dengan tempat lain, yang jadi favorit ini annemary, shakerato, dan shaken espresso yang merupakan signature non moctail,” pungkasnya.

Untuk kalian yang penasaran dengan kedai kopi Split Espresso, bisa langsung cek IGnya https://www.instagram.com/split.espresso/

Penulis: DANI ELANG SAKTI

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA