HomeADVERTORIALSukseskan Sensus Penduduk 2020, Ayo Isi Data Secara Online

Sukseskan Sensus Penduduk 2020, Ayo Isi Data Secara Online

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno saat berikan sambutan

Kediri, SMNNews.co.id – Bupati Kediri membuka acara Rapat Koordinasi Daerah Kabupaten Kediri dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Acara yang diselenggarakan oleh badan Pusat Statistik Kab. Kediri tersebut bertempat di Ruang Kilisuci Grand Surya Hotel, Senin (17/2/20). Acara tersebut sekaligus melaunching dan mensosialisasikan 2 metode sensus penduduk, yaitu sensus penduduk online dan sensus wawancara. Sensus penduduk online adalah mengisi data secara online dengan masuk ke laman sensus.bps.go.id, berlangsung mulai tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020. Sedangkan sensus wawancara akan digelar tanggal 1 – 31 Juli 2020.

Hadir pada acara tersebut jajaran Forkopimda Kab. Kediri, Sekda Kab. Kediri, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Kediri. Menurut Kepala BPS Kab. Kediri Lilik Wibawati, sensus penduduk tahun 2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7 di Indonesia. Bertujuan menyediakan data jumlah komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia, menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Masih kata Lilik Wibawati, penyelenggaraan rapat ini adalah membangun koordinasi dan kerjasama dengan seluruh stakeholder, menyebarluaskan informasi tentang Sensus Penduduk 2020 dan tahapan kegiatannya, serta mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online dan sensus penduduk wawancara.

“Selanjutnya kami akan melaksanakan rapat koordinasi kecamatan dengan mengundang seluruh kepala desa/lurah di kecamatan masing-masing, mulai tanggal 18-26 Februari 2020. Tujuan rakorcam ini adalah untuk mensosialisasikan kegiatan sensus penduduk 2020 ke tingkat desa/kelurahan hingga RT/RW,” kata Lilik.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam acara tersebut menjelaskan, kegiatan sensus penduduk ini merupakan kegiatan 10 tahun sekali dalam pencatatan data kependudukan di Indonesia. Beliau berharap seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam pelaksanaan sensus kali ini, agar terdata secara menyeluruh.

“Saya mengimbau kepada seluruh ASN di Kabupaten Kediri, baik PNS maupun tenaga kontrak, besok pagi mengisi data bersama-sama. Secara online lebih mudah, hanya dengan menyiapkan KTP, KK, surat nikah sudah bisa untuk menginput data. Saya sudah mengisi tadi, saya harap semua bisa mengikutinya,” pesan Bupati.

Sebagai wujud dukungan suksesnya Sensus Penduduk 2020, Bupati Kediri menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan ‘Satu Data Kependudukan Indonesia’. (Kominfo/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...