HomeBERITASumber Tangis di Areal Makam Bung Karno Terisi Gunungan Sampah, Disikat Habis...

Sumber Tangis di Areal Makam Bung Karno Terisi Gunungan Sampah, Disikat Habis Komunitas Pecinta Alam Blitar

Komunitas Pencinta Alam bergotong-royong bersihkan sampah di Sumber Tangis areal Makam Bung Karno.

BLITAR, SMNNews.co.id – Sejumlah pecinta alam mulai dari Pelestari Makam Bung Karno, Sahabat Alam Blitar, ICB, teman Kresekman, dibantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar bergotong-royong membersihkan tumpukan sampah di timur Perpustakaan Nasional Bung Karno, Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Sabtu (13/6/2020).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan budaya, mengingat dulunya tumpukan sampah ini merupakan sebuah mata air, dikenal masyarakat sebagai Sumber Tangis.

Mulai pagi para komunitas ini mengeruk tumpukan sampah, lalu dengan truk milik DLH dipindahkan sampah-sampah itu ke tempat pembuangan sampah (TPA) setempat. Dari empat armada saja sudah bolak-balik sebanyak enam kali sehingga ada sekitar 24 rit sampah berhasil dikeruk.

Kasi Sarana Prasarana dan Pengangkutan Sampah DLH Kota Blitar, Suharto mengatakan kalau sudah menjadi kebiasaan masyarakat membuang sampah di ledokan sumber mata air ini. Dia berharap dengan gotong-royong komunitas membersihkan tumpukan sampah bisa mengedukasi masyarakat untuk tidak lagi buang sampah ke tempat yang tidak semestinya.

“Ini tadi ada teman-teman Pelestari Makam Bung Karno, Sahabat Alam, ICB dan Kresekman dan Mas Heru Brilian bergerak peduli lingkungan. Bahkan di sini ikut bergabung Pak Sikok keturunan Tionghoa turut membantu menerjunkan truknya sungguh kita apresiasi. Karena di sini masuk kawasan Makam Bung Karno yang merupakan icon Kota Blitar yang juga kebanggaan negeri,” tutur Suharto.

Setelah tumbukan sampah sudah bersih bentul, akan diberikan sosialisasi ke masyarakat sekitar untuk tidak buang sampah di tempat ini lagi. Karena bukan hal mustahil bila lingkungan seperti sumber air ini bila terjaga keasrian, bisa menjadi daya tarik menjadi wisata alam.

“Kota Blitar ini meski kota sebenarnya punya banyak sumber mata air. Seperti di Bendogerit ini yang dulunya Sumber Tangis kalau dihidupkan kembali dari tumpukan sampah bisa menjadi wisata edukasi air,” harapnya.

Di tempat yang sama Budi dari Sahabat Alam Blitar menceritakan tumpukan sampah di Sumber Tangis ini menjadi hal yang berat. Namun setelah dia membagikan keluhannya itu ke komunitas seperti gayung bersambut mendapat dukungan dari berbagai pihak.

“Ketika melihat kerusakan lingkungan kita selalu menggalang dukungan dari kawan pencinta lingkungan untuk gotong-royong. Harapan kita lingkungan tetap lestari, sehat dan tidak menimbulkan bibit penyakit akibat tempat tinggal kita dipenuhi sampah,” tandasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...