HomeSUARA DAERAHSurabaya Bakal Memiliki Alun-Alun di Pusat Kota

Surabaya Bakal Memiliki Alun-Alun di Pusat Kota

Walikota Surabaya Tri Rismaharini
Saat jumpa pers di rumah kediaman Jalan Sedap Malam, Rabu, (27/02).
Surabaya, suaramedianasional.co.id –
Alun-alun di tengah kota bakal menghiasi Pemkot Surabaya.
Alun-alun itu bakal menjadi kesatuan yang menghubungkan antara kompleks Balai Pemuda (alun-alun barat) dengan Jalan Yos Sudarso sisi timur, tepatnya lahan di persimpangan Jalan Pemuda.
Saat jumpa pers di rumah kediaman Jalan Sedap Malam, Rabu,(27/02). Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sedang mematangkan konsep untuk pengerjaan alun-alun di sisi sebelah timur tersebut. Yang rencana dibangun dua lantai ke bawah, yaitu lantai satu, akan dijadikan sebagai penjualan makanan tradisional dan produk khas tradisional Surabaya. Sedangkan di lantai dua, akan dijadikan tempat parkir kendaraan.
“Nanti itu yang Balai Pemuda basementnya nyambung itu tembus, kan terus nyebrang ke Jalan Pemuda, “nah nanti itu kan kayak jadi kesatuan jadi kan luas, nanti namanya Alun-Alun Surabaya,” katanya.
Ia menjelaskan bahwa alun-alun Surabaya bakal berada di dua sisi lahan. Kedua lahan itu akan saling terhubung melalui basement bawah tanah, sehingga nantinya lahan tersebut akan semakin luas berkisar 2 hektar. Selain itu, pejalan kaki tidak perlu menyeberang lagi di Jalan Yos Sudarso, tapi bisa menyeberang melalui jalan bawah tanah tersebut. “Jadi nanti dihubungkan ke bawah, ada eskalator,juga liftnya untuk disabilitas ke bawah,” ujar Walikota perempuan pertama di Surabaya ini. Dalam kosep pembangunan nanti desain untuk yang sebelah timur akan di buat berbeda dengan di sebelah barat. Karena yang t
sebelah timur bakal dilengkapi dengan plaza, panggung hiburan, dan tribun tempat duduk untuk pertunjukkan seni. Bahkan juga nanti akan dibangun, patung sawunggaling dan diorama sejarah Surabaya, “jelasnya.
Menurutnya, pembangunan alun-alun ini sebagai komitmen dari pemerintah kota menyediakan ruang-ruang positif bagi anak-anak Surabaya, bisa berlatih kesenian di kompleks Balai Pemuda tersebut.
Wali kota  Surabaya juga memastikan bahwa saat ini, pihaknya sedang merampungkan pengerjaan pedestrian dan saluran basement di alun-alun sisi sebelah barat atau kompleks Balai Pemuda. Sementara untuk sebelah timur, dalam waktu dekat pihaknya mengaku segera melakukan pengerjaan lahan tersebut. Ia berharap jika pembangunan alun-alun Surabaya itu bisa rampung tahun ini.
“Mudah-mudahan kalau ini kelar, kita bisa selesaikan tahun ini, mungkin tahun depan hanya (pengerjaan) kecil-kecil. Cuman kemarin desainnya tak rubah lagi, aku ingin desainnya lebih bagus lagi,” pungkasnya. (yud) 
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....