HomeBERITATahun Ini Bapemperda Trenggalek Akan Bahas 26 Raperda, Salah Satunya RT/RW

Tahun Ini Bapemperda Trenggalek Akan Bahas 26 Raperda, Salah Satunya RT/RW

Alwi Burhanuddin Ketua Bapemperda DPRD Trenggalek

TRENGGALEK, SMNNews.co.id – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Trenggalek di tahun 2020 ini akan membahas 26 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). 

Jumlah tersebut terdiri dari 11 Raperda inisiatif DPRD dan 15 Raperda usulan Bupati. Dari kesemua itu, Bapemperda mentargetkan selesai di tahun ini. 

Alwi Burhanuddin selaku Ketua Bapemperda DPRD Trenggalek menjelaskan, dalam prosesnya 26 tersebut akan dibahas menjadi tiga kuartal atau tahapan.

Untuk kuartal pertama (saat ini), dalam proses pembahasan delapan Raperda. Sedangkan untuk kuartal berikutnya akan dibagi kembali pembahasannya melalui rapat yang dilakukan oleh Badan Musyawarah (Banmus).

“Dari 26 judul Raperda yang akan dibahas tahun ini terbagi dari 11 Raperda inisiatif DPRD dan 15 Raperda usulan Bupati Trenggalek,” kata Alwi, Rabu (8/4/2020).

Alwi juga merangkan jika dari 26 judul Raperda yang akan dibahas ada 7 sisa Raperda inisiatif tahun kemari dari DPRD.

Sedangkan untuk Raperda sisa kemarin seperti Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW). Sedangkan nanti Bapemperda juga akan membahas seperti Raperda Perindustrian, SOTK Pertanian dan Peternakan usulan dari Bupati.

“Untuk Raperda RT/RW memang tahun kemarin belum selesai, dikarenakan ada permasalahan pada rekomendasi,” tuturnya.

Alwi juga menyampaikan bahwa Raperda RT/RW ini harus sinkron dengan perencanaan di tingkat provinsi dan tingkat pusat. 

Sehingga untuk menyelesaikan Raperda tersebut harus mendapat rekomendasi dari Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Badan Informasi Geoparsial, itu yang menjadi proses pembahasan Raperda RT/RW agak lama.

“Karena rekomendasi itu langsung turun dari pusat. Namun untuk pembahasannya kita tinggal membahas yang kurang. Jadi tidak kembali dari awal,” pungkasnya. (Rud)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...