HomeJAWA TIMURSIDOARJOTahun Ini Tim Saber Pungli Sidoarjo Fokus Dalam Pencegahan

Tahun Ini Tim Saber Pungli Sidoarjo Fokus Dalam Pencegahan

Tim Saber Pungli Sidoarjo, melakukan rapat koordinasi di Aula Delta Wicaksana Setda Sidoarjo, Selasa (8/1).
Sidoarjo, suaramedianasional.co.id– Tim Saber pungli dari unsur Kejaksaan, Kodim, Kepolisian, Inspektorat, BKD dan Satpol PP Sidoarjo, melakukan rapat koordinasi di Aula Delta Wicaksana Setda Sidoarjo, Selasa (8/1). Pungli menjadi fokus utama program kegiatan tim Saber Pungli di tahun ini. Sekretaris Saber Pungli Sidoarjo, Andjar Surjadianto mengatakan, kegiatan pencegahan Pungli dapat berupa sosialisasi atau pencegahan yg sifatnya on the spot.
 Semisal pada suatu kegiatan rapat yang disisipi dengan materi tolak Pungli. Selain itu juga dengan menyebar brosur tolak Pungli. “Sosialisasi dengan cara itu diharapkan akan semakin banyak masyarakat paham kewajiban tolak Pungli, “ujarnya.
 Pengaduan masyarakat terkait Pungli akan ditindaklanjuti sebagai upaya menghentikan praktek Pungli.  Laporan masyarakat tersebut terkait kepengurusan surat-surat di suatu kelurahan yang dikenakan biaya, dan  laporan tersebut langsung mendapat respon Tim Saber  Pungli Sidoarjo.
“Pada saat menerima pengaduan itu kita berkordinasi, kita lakukan pencegahan dengan mengingatkan yang bersangkutan, alhamdulillah di nurut dan masyarakat terlayani tanpa ada biaya,”ucapnya.
. Tindakan tetap dilakukan apabila ada oknum yang masih melakukan Pungli meski sudah diingatkan. “Pada prinsipnya cara kerja kita pada itu sebenarnya (pencegahan), kecuali kalau memang hal-hal yang sifatnya diingatkan tidak bisa baru kemudian kita lakukan upaya penindakkan,”ucapnya. Katagori Pungli merupakan pengenaan biaya yang tidak diatur dalam peraturan pemerintah. Ia katakan sepanjang biaya tersebut tidak diatur dalam Perda maupun Perdes maka biaya pelayanan di suatu pemerintahan gratis. “Prinsipnya sepanjang itu (biaya) tidak diatur didalam Perda atau mungkin beberapa desa itu ada perdesnya, ya pada prinsipnya tanpa biaya,”katanya.
Apabila terdapat adanya praktek-praktek pungli,
Masyarakat dapat melaporan langsung  Kantor Sekretariat Tim Saber Pungli Sidoarjo berada di lantai 2 gedung Pemkab Sidoarjo Jalan Gubernur Suryo 1 Sidoarjo.Masyarakat juga dapat melaporkan via telepon. Nomer telepon pengaduannya 031 8923249 maupun SMS Center 0821-1895-4888 atau bisa juga melalui email sidoarjosaberpungli@gmail.com. (Try)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...