Tak Hanya Bangunkan Rumah Satgas TMMD Juga Bangunkan Jamban Untuk Misikem

Satgas TMMD Juga Bangunkan Jamban Untuk Misikem

Trenggalek, suaramedianasional – Setelah membangunkan rumah untuk Mbah Misikem, Satgas TMMD 105 di Trenggalek mulai membangunkan jamban untuk wanita paruh baya tersebut. Jum’at (2/8/2019), satgas mulai menggali tanah, membuat lubang untuk memasukkan gorong-gorong untuk Sapitank.

Misikem, warga Dusun Kalitelu, Desa Dompyong Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur ini merupakan dalah satu penerima bantuan bedah rumah, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) TMMD di Kabupaten Trenggalek.

Ada 8 warga yang menerima program yang sama, kesemuanya tidak hanya akan dibangunkan rumah yang layak melainkan juga rumah yang sehat. Kini Mbah Misikem tidak perlu bersusah payah harus ke sungai untuk sekedar buang hajat ataupun mandi.

Komandan Satgas TMMD 105 Trenggalek, Letkol Inf. Dodik Novianto menuturkan, “rumah yang sehat wajib disertai dengan jamban, sehingga masyarakat tidak buang hajat sembarangan,” tuturnya.

Buang hajat atau buang air besar (BAB) sembarangan dapat memicu penyebaran penyakit menular kepada sesama. Masih teringat dibenak kita belum lama ini, penyebaran penyakit Hepatitis A di kabupaten tetangga Pacitan yang begitu cepat, kemudian merambah di beberapa Kecamatan di Trenggalek.

Sampai-sampai hal tersebut dianggap sebagai kejadian luar biasa oleh pemerintah pusat. “Agar terhindar dari kejadian serupa kita harus budayakan hidup sehat dilingkungan kita,” himbaunya.

Ditambahkan pria yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim Trenggalek tersebut, “pembuatan jamban ini sebagai bentuk Champaign kami, agar masyarakat meningkatkan kesadarannya untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan, tandasnya.(pendim)