HomeJAWA TIMURSURABAYATargetkan 4 KwH, Pemkot Bakal Bangun PLTSa di Surabaya Timur

Targetkan 4 KwH, Pemkot Bakal Bangun PLTSa di Surabaya Timur

Risma saat mengunjungi Rumah Kompos Kantor Taman Surabaya Timur, Sabtu, (16/3).
Surabaya, suaramedianasional.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tak hentinya berupaya menanggulangi permasalahan sampah yang ada di masyarakat.
Berbagai inovasi yang diterapkan, bertujuan agar sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bisa terus berkurang. Salah satunya yakni dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Benowo, yang mampu mengubah sampah menjadi energi listrik.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan pihaknya berencana membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) untuk kawasan Surabaya Timur yang berlandaskan pada 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Letaknya, berada di sekitar Kantor Taman Rayon Timur, Jl. Tenggilis Tengah No.1 Surabaya. Saat ini lokasi tersebut digunakan sebagai rumah kompos.
 “Kita akan buat TPS untuk kawasan Surabaya Timur yang 3R, kita kurangi sampah di TPA,” kata Risma saat mengunjungi Rumah Kompos Kantor Taman Surabaya Timur, Sabtu, (16/3).
Ia menjelaskan, ada beberapa rumah kompos di Surabaya yang saat ini sudah dapat menghasilkan energi listrik. Diantaranya, rumah kompos Bratang, mampu memproduksi sampah menjadi listrik sebesar 2 kwh.
Sementara untuk rumah kompos Jambangan, dapat memproduksi listrik hingga sebesar 4 kwh. “Pengalaman di Wonorejo itu bisa menghasilkan 4 kilowatt. Mudah-mudahan ini juga bisa. Lokasinya dirumah kompos Tenggilis,” ujarnya.
Bahkan, Wali Kota Risma mengaku tidak hanya membangun TPS di lokasi tersebut. Pemkot Surabaya juga bakal membangun taman baru yang berdampingan dengan TPS.
Hal ini dilakukan sebagai upaya pemkot untuk mengoptimalkan lahan kosong yang ada. Menurutnya, jika cara pengelolaan sampah dilakukan dengan benar, maka tidak akan menimbulkan bau ataupun aroma yang tak sedap. “Nggak bau kok kalau ngolahnya (sampah) bener. Insya Allah tahun ini selesai,” terangnya.
Risma juga menambahkan pihaknya akan memberi tambahan TPS yang ada di sekitar Wonorejo.
Penambahan di wilayah Wonorejo tersebut supaya lebih banyak menampung pembuangan sampah wilayah Surabaya timur dan dapat dikelola dengan tepat. “Kemarin bingung menentukan lokasi nya, sekarang sudah dapat dan sudah disurvey juga, tinggal eksekusi kali ini lokasinya mengarah di Wonorejo,“ tutupnya. (yud)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...