Tarian Jaranan Pegon dan Senterewe Andil Pagelaran Penutupan TMMD

Tarian Jaranan Pegon dan Senterewe meriahkan pagelaran penutupan TMMD

Trenggalek, suaramedianasional.co.id – Tarian Jaranan Senterewe dan Tarian Pegon ikut memereiahkan kegiatan penutupan TMMD ke 105 tahun 2019 di Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kecamatan Trenggalek Jawa Timur.

Sejumlah 40 penari yang di bagi menjadi dua jenis tarian ikut meriahkan jalannya acara. Tarian tersebut menjadi ajang penyambutan bagi Panglima Kodam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi. Serta menghibur warga setempat yang datang.

Tari tradisional ini menjadi bagian dari pelestarian tari tradisional yang sedang diuri-uri karena budaya yang semakin hari seakin terkikis. Di dampingi oleh Letkol Inf. Dodik Nofianto. S.Sos dan Bupati Trengalek Moch. Nur Arifin, nampaknya jendral bintang dua itu sangat menikmati tarian khas itu.

Lemah gemulai penari menajdikan ciri khas tarian ini semain apik. Kekompakan antaran pemain juga menjadi penjernih mata ektika melihatnya. Bahkan seragam bagus juga menambah keserasian dan kesenian itu hidup.
“tarian ini sangat bagus karena seni tradisional ini perlu kita hidupkan kembali. Jangan sampai kita melihat budaya tarian tradisional justru malah lupa, “ katanya. Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Kamis (8/8). (pendim).