HomeBERITATelan Anggaran Hingga Ratusan Juta, Peserta Ujian Tulis Perangkat Desa Tiron Diwarnai...

Telan Anggaran Hingga Ratusan Juta, Peserta Ujian Tulis Perangkat Desa Tiron Diwarnai Kelaparan

Peserta Ujian Tulis Perangkat Desa Tiron

MADIUN, SMNNews.co.id – Anggaran biaya pengisian perangkat desa Tiron yang dibebankan APBDes hingga ratusan juta rupiah dikeluhkan beberapa peserta saat melaksanakan ujian tulis.

Pasalnya, ujian tulis yang digelar sejak pukul 08.00 WIB hingga selesai pengumuman pukul 17.25 WIB, di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Tiron pada Sabtu (26/11/2022) lalu, para peserta hanya diberikan snack tanpa dikasih makan.

“Semua kelaparan mas, dari pagi hingga sore hanya dikasih snack sekali, jam makan siang juga gak dikasih makan. Yang dikasih Nasi Kotak hanya panitia dan petugas,” ungkap beberapa peserta kepada jurnalis saat dilokasi ujian tulis perangkat, Sabtu (26/11/2022) sore.

Baca Juga : Inisiasi Silaturahmi, Rahmat Santoso Bersama Wakil Bupati dan Wakil Wali Kota se-Jatim

Menanggapi itu Subandi, selaku Sekertaris Desa Tiron yang juga menjabat Sekertaris Tim Pengisian Perangkat Desa (TPPD) menjelaskan, dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang menelan anggaran Ratusan juta itu memang tidak dianggarkan untuk makan peserta.

“Hasil rapat dengan teman (TPPD-red) terkait acara ujian tulis memang hanya dikasih snack. Tapi kalau bagian pelaksana memang dianggarkan snack dan makan,” ungkap Subandi, Selasa 29/11/2022).

Sekertariat TPPD

Besaran anggaran yang menelan hingga ratusan juta itu Subandi menjelaskan, awalnya, dalam perencanaan yang sudah ditetapkan pada Desember 2021 sebesar Rp 94 juta. Ternyata RAB yang dibuat oleh TPPD mencapai Rp 112 juta lebih.

“Masuk dalam perencanaan yang ditetapkan Desember 2021 kan 94 juta sekian. Ternyata panitia mengajukan RAB sebesar Rp 112.267.200. Kelebihan dari 94 juta diambilkan dari PAK,” ungkap Subandi.

Baca Juga : Perlindungan Hukum Guru, PGRI Kab Tubaba MOU Dengan Polres Tulang Bawang Barat

Subandi enggan menjelaskan secara detail penggunaan anggaran hingga ratusan juta tersebut. Dirinya meminta untuk langsung kepada ketua TPPD.

Namun pada hari Selasa (29/11/22), saat Jurnalis SMNNews berusaha menemui ketua TPPD dan sudah dua kali mendatangi ruangan yang digunakan Sekertariat TPPD, ternyata masih terkunci hingga pukul 13.05 WIB. (dodik)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...