HomeBERITATemui Masyarakat Pendemo, Wabup Blitar Justru Terima Kasih Keluhan Masyarakat Bisa Didengar...

Temui Masyarakat Pendemo, Wabup Blitar Justru Terima Kasih Keluhan Masyarakat Bisa Didengar Pusat

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso saat menemui masyarakat pendemo dari LSM Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI) Blitar

Blitar, SMNNews.co.id – Kedatangan ratusan masa dari LSM Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI) Blitar untuk menyampaikan aspirasi di Kantor Bupati Blitar, Senin (06/06/2022). Terkait hal tersebut Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso justru berterima kasih, karena apa yang dikeluhkan masyarakat Kabupaten Blitar bisa didengar dan diketahui pemerintah pusat.

Ada 3 hal yang disampaikan Koordinator aksi LSM GPI Blitar, Jaka Prasetya, dalam dialog tersebut yaitu soal dugaan hoax dana hibah PUPR Rp 229,5 miliar, pembubaran Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Daerah (TP2ID) dan realisasikan perbaikan 5-6 ruas jalan di Blitar selatan bagian timur serta Blitar utara.

“Tadi hal ini juga sudah kita sampaikan saat hearing di DPRD Kabupaten Blitar. Dan kami juga meminta ketegasan dari Pemkab Blitar, terkait,” ungkap Jaka.

Menanggapi pertanyaan dari Jaka, yang sebelumnya sempat berorasi di depan pintu gerbang Kantor Bupati Blitar di Kanigoro. Wabup Rahmat yang tampak didampingi Kapolres Blitar AKBP Aditya Panji Anom, Kepala Bakesbangpol Budi Hartawan, Kepala Dinas PUPR Dicky Cubandono dan beberapa OPD terkait.

Pertama-tama justru mengucapkan terima kasih telah di demo, karena dengan adanya demo ini kondisi yang dikeluhkan masyarakat Kabupaten Blitar bisa didengar dan diketahui pemerintah pusat.

“Terkait kerusakan infrastruktur jalan, yang selama ini menjadi masalah. Akibat minimnya anggaran dan kemampuan daerah, untuk memperbaiki seluruh jalan yang rusak,” ucap Wabup Rahmat saat berdialog dengan perwakilan massa GPI di Ruang Transit Kantor Bupati Blitar di Kanigoro.

Terkait dugaan hibah PUPR Rp 229,5 miliar dijelaskan kronologis detail, serta upaya terakhir yang dilakukan bersama Kementerian PUPR untuk bisa memperbaiki kerusakan jalan di Kabupaten Blitar.

“Intinya saat ini Pemkab Blitar sedang mengajukan dana hibah melalui DPR RI, sudah diproses dan dalam waktu dekat akan dilakukan survei oleh DPR RI. Jadi bukan hoax tapi ada perubahan mekanisme, sesuai arahan dari Kementerian PUPR yaitu DAK Penugasan,” beber pria yang juga Ketua Umum DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) ini.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso saat menemui masyarakat pendemo dari LSM Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI) Blitar

Kemudian terkait pembubaran TP2ID, Wabup Rahmat mengaku akan membicarakan aspirasi ini dengan Bupati Blitar. Lalu tuntutan ketiga, agar merealisasikan perbaikan 5-6 ruas jalan di Blitar selatan sebelah timur dan Blitar sebelah utara.

Wabup Rahmat menegaskan dengan nanti disetujuinya anggaran perbaikan infrastruktur melalui DAK Penugasan, bisa juga digunakan memperbaiki jalan-jalan yang rusak di Kabupaten Blitar. Tidak hanya jalan rusak di Binangun (PG PT RMI) saja, yang memang sudah dibahas oleh Menteri Kormarvest dan kementerian terkait.

“Tapi juga bisa digunakan memperbaiki jalan yang lainnya, dimana nanti pada saat survei akan kita tunjukkan juga kondisi jalan-jalan yang rusak di Kabupaten Blitar,” tegasnya.

Perlu diketahui, sebelumnya massa GPI Blitar juga menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kabupaten Blitar di Sawentar, Kanigoro. Massa membentangkan spanduk berisi tuntutan terkait bentuk pansus dan usut dugaan hoax dana hibah PUPR Rp 229,5 miliar, bubarkan TP2ID dan bangun 5-6 ruas jalan di Blitar selatan sebelah timur dan Blitar utara.

Setelah berorasi perwakilan massa ditemui Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito dan anggota Komisi III DPRD Kabupaten Blitar.

Dimana dalam dialog ini tuntutan mengenai pembentukan pansus dugaan hoax hibah PUPR Rp 229,5 miliar akan dikaji dan dibahas lebih lanjut. Soal pembubaran TP2ID merupakan kewenangan eksekutif dalam hal ini Bupati Blitar, serta soal perbaikan 5-6 ruas jalan akan diupayakan dan dibahas oleh Komisi III. (bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Pimpin Apel Gabungan Pasca Idul Fitri 1445 H

PASAMAN, SMNNews.co.id - Mengawali cuti bersama ASN Pasca pelaksanaan Idul Fitri 1445 Hijriyah, Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman gelar Apel gabungan di halaman Kantor Bupati...

DPD IWO Indonesia Kabupaten Asahan Gelar Bhakti Sosial dan Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia Kabupaten Asahan menggelar Bhakti Sosial dan Halal Bihalal di Sekretariat IWO Indonesia...

Pemkab Jombang Fasilitasi Pemudik dengan Program Arus Balik Gratis Lebaran 2024

JOMBANG, SMNNews.co.id - Ratusan warga Jombang yang telah mendaftar untuk mengikuti Program Mudik Arus Balik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur...