HomeSUARA DAERAHTerbang Naik Pesawat Hercules bareng Anak-Anak Berkebutuhan Khusus, Gubernur Khofifah Puji...

Terbang Naik Pesawat Hercules bareng Anak-Anak Berkebutuhan Khusus, Gubernur Khofifah Puji TNI AU “Out Of The Box”

Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa Kunjungi Tempat Peserta Donor Darah Pada Acara VIP Social Event & Joy Flight Di Bandara Abd Saleh

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memuji TNI Angkatan Udara yang menggelar VIP Social Event & Joy Flight bersama anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Selama 30 menit, Para ABK tersebut diajak menikmati indahnya pemandangan area Malang Raya di atas udara dengan menggunakan pesawat Hercules C-130H.

“Menurut saya ini out of the box, sebuah sapaan yang indah sekali. Yaitu memperingati HUT TNI AU lalu yang disapa adalah anak-anak berkebutuhan khusus,” puji Gubernur Khofifah usai terbang bersama para ABK dengan Pesawat Hercules dalam acara VIP Social Event & Joy Flight dalam rangka HUT TNI AU ke-73 Tahun 2019 di Lapangan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, Senin (8/4) pagi.

Orang nomor satu di Jatim ini mengatakan, kegiatan ini sangat langka dan menyentuh. Dimana TNI AU ingin memberikan rasa bahagia, baik kepada para ABK yang istimewa, serta para orang tua mereka. Menurut Khofifah, kebahagiaan, keharuan, dan pengalaman ini tentu tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup.

“Usai mendarat, saya tanya kepada anak-anak, apakah bahagia hari ini? Semuanya menjawab bahagia. Jika kita membahagiakan sesame, maka Allah SWT juga akan membahagiakan kita,” katanya sembari menambahkan, lewat pengalaman ini, anak-anak juga mendapat pelajaran bagaimana membangun dan menjaga kedaulatan udara Indonesia.

Pengalaman terbang bersama Pesawat Hercules ini juga memberikan kesan tersendiri bagi gubernur wanita pertama di Jatim ini. Menurutnya, terlepas dari cuaca yang cerah, penerbangan ini berjalan dengan lancar, stabilizer system-nya berjalan dengan baik, sehingga baik take off and landing-nya sangat soft.

            “Saya apresiasi kapten dan copilot-nya keren, tadi very soft landing, tidak ada gronjal-gronjal-nya sama sekali,” ujarnya seraya mengimbuhkan, kecakapan pilot dalam menerbangkan pesawat ikut menjadi referensi kebahagiaan, memberi semangat, serta memberi ruang untuk berekspresi bagi para ABK dan orang tua mereka.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah juga mengucapkan selamat kepada TNI AU yang merayakan HUT ke-73. Menurutnya, melalui kegiatan ini, TNI AU semakin sukses, maju, dan berkembang, serta terus membangun komitmen untuk menjaga kedaulatan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kedaulatan udara kita bertumpu pada kekuatan TNI AU, kedaulatan di darat dibangun oleh TNI AD, dan kedaulatan laut dibangun oleh TNI AL,” ujar Gubernur Khofifah sembari melanjutkan, peringatan HUT TNI AU ini juga diharapkan semakin menyambung kebersamaan dan integritas kehidupan kebangsaan yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Danlanud Abd. Saleh, Marsma TNI Hesly Paat mengatakan, kegiatan ini selain menjadi salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI AU yang jatuh pada tanggal 09 April, juga merupakan rangkaian Bulan Dirgantara Tahun 2019 yang dilaksanakan secara serentak oleh TNI AU.

Danlanud Hesly melanjutkan, melalui kegiatan VIP Social Event & Joy Flight yang bertema “Dengan Semangat Sosial & Militan Membentuk Prajurit Lembah Bromo yang Humanis & Berkarakter” ini pihaknya ingin berbagi kebahagiaan, kepedulian, dan bersilaturahmi kepada masyarakat, khususnya para ABK, sekaligus memperkenalkan alat utama sistem senjata (alutsista) yang ada di Lanud Abd. Saleh.

Sebelumnya, imbuh Danlanud Hesly, pihaknya telah menggelar berbagai kegaitan dalam rangka HUT ke-73 TNI AU, diantaranya pekan olahraga antar satuan, seperti pertandingan bola voli putra dan putri, sepakbola, lomba renang, serta kegiatan yang terbuka untuk masyarakat umum, seperti Airforce Run, dan Airforce Corner yang digelar di Museum Angkut Kota Batu.

“Semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya dalam membentuk soliditas TNI, Polri se-Jatim, serta pejabat Forkopimda se-Malang Raya, serta kepada masyarakat luas,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Kapolda Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kadiv II Kostrad, Bupati Malang, Walikota Batu, Wakil Walikota Malang, para tokoh agama, tokoh masyarakat, para ABK, dan para wartawan dari berbagai media. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...