HomeSUARA DAERAHTerobosan Baru PMK Surabaya, Romy Sableng 112 and The Kids

Terobosan Baru PMK Surabaya, Romy Sableng 112 and The Kids

Anak-anak juga diberi kesempatan bermain semprotan air pemadam Romy Sableng dan bisa juga keliling naik motor kloneng.
Surabaya,suaramedianasional.co.id – Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya melakukan giat
sosialisasi bahaya kebakaran.  Terobosan baru yang di sosialisasikan dari PMK Surabaya bernama Romy Sableng 112 and The Kids. Program ini menyediakan wisata PMK bagi anak-anak Surabaya.
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PMK Surabaya Irvan Widyanto mengatakan Romy Sableng 112 and The Kids merupakan program edukasi dalam mengenalkan tugas para pemadam kebakaran yang dikemas dalam bentuk wisata. Nantinya, anak-anak yang berkunjung itu akan diberikan wawasan tentang bahaya kebakaran hingga awal pemadamannya. “Nanti juga ada flying fox bagi para siswa ataupun pelajar yang berkunjung ke tempat kami,” kata Irvan di ruang kerjanya, Senin (25/02).
Selain itu, mereka juga akan dikenalkan alat-alat pemadam kebakaran beserta armadanya, mulai dari armada yang terbesar hingga yang kecil. Salah satunya armada motor ‘Walang Kadung’ yang biasanya digunakan untuk memberikan pertolongan pertama dalam menangani kebakaran di kampung padat penduduk. Bahkan, anak-anak juga diberi kesempatan untuk bermain semprotan air pemadam RomySableng dan bisa juga keliling naik motor kloneng.
Pengunjung juga dipersilahkan memperagakan aktivitas pemadaman mulai menyemprot air dari armada damkar, hingga berswafoto menggunakan atribut pemadam kebakaran serta berfoto bersama si Bronto Skylift yang merupakan armada terbesar yang dimiliki PMK Surabaya. “Nanti kita akan buatkan baju pemadam berukuran kecil bagi siswa-siswi, supaya mereka benar-benar merasakan menjadi pemadam kebakaran,” kata Irvan.
Pejabat yang juga bertugas sebagai Kepala Satpol PP Kota Surabaya itu juga menjelaskan bahwa selama ini kunjungan dari berbagai TK di Surabaya sudah berjalan sejak lama. Namun seakan biasa saja. Oleh karena itu, kondisi itulah kemudian muncul ide untuk mengembangkan wisata PMK.
“Melalui cara ini, diharapkan edukasi yang diajarkan kepada anak-anak lebih mudah dipahami. Yang paling penting juga dalam hal ini adalah kita ingin mengajarkan pencegahan kebakaran sejak dini, karena kami sadar bahwa warga adalah juru padam yang sebenarnya,” katanya.
Menurut Irvan, apabila ada sekolah TK yang ingin menikmati wisata PMK Surabaya itu, maka cukup membuat surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Sedangkan untuk registrasinya, dapat menghubungi Anita di nomor 082113111096 dan Cindy dengan nomor handphone 081332854341. “Kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis,” imbuhnya.
Setelah registrasi, maka setiap hari aktif akan diagendakan sebanyak 50 pelajar atau dua sekolahan. Rencananya, wisata PMK ini akan dibuka untuk umum setiap hari minggu, sehingga setiap hari minggu itu bebas dan tidak perlu berkirim surat kepada Wali Kota Surabaya, ” pungkasnya. (yud)

 

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...