HomeBERITATidak Cuman Buat Hiburan Saja, Berikut Beberapa Fungsi Musik Secara Umum!

Tidak Cuman Buat Hiburan Saja, Berikut Beberapa Fungsi Musik Secara Umum!

Potret pasangan muda afrika bersama-sama mendengarkan musik di kafe dengan satu earphone. (Sumber Foto: iStock)

SMNNews.co.id – Dalam kehidupan sehari-hari, musik adalah pendamping yang konstan. Dapat dikatakan bahwa peran musik terkait erat dengan kehidupan. Musik adalah salah satu aspek kehidupan yang paling signifikan bagi orang-orang tertentu. Jika Anda pergi sehari tanpa mendengarkan musik, Anda merasa kosong.

Musik bahkan disebut sebagai bahasa universal. Namun ternyata musik memiliki tujuan selain menghibur yakni :

1. Fungsi musik untuk mengungkapkan emosi

Musik dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau emosi bagi sebagian orang. Para peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Mereka mengekspresikan diri mereka secara lebih ekspresif dan efusif.

2. Fungsi musik sebagai sarana komunikasi

Peran musik selanjutnya adalah sebagai sarana komunikasi sosial. Musik adalah bahasa dunia yang mampu memupuk perdamaian, persatuan manusia, dan menjembatani kesenjangan.

Ini akan dapat membantu dalam pengembangan media komunikasi antara manusia. Meski berasal dari berbagai negara, musik telah menjadi bahasa pergaulan dan media komunikasi dalam kehidupan manusia.

Musik adalah sarana komunikasi yang lebih mudah dipahami, bahkan jika Anda tidak mengerti bahasa musik yang Anda dengarkan.

Contoh nyata fungsi musik sebagai wahana komunikasi adalah dapat melambangkan perasaan yang ingin disampaikan kepada orang lain, seperti ungkapan rindu, cinta, kecewa, dan lain sebagainya.

3. Mengurangi tekanan darah

Musik memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dapat menurunkan tekanan darahnya dengan mendengarkan musik yang menenangkan setiap pagi dan malam.

Menurut penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit dan musik Celtic setiap hari dapat sangat mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Bikin berenergi

Selain bisa mendengar suara merdu musisi favorit, mendengarkan musik tanpa disadari juga bisa membantu meningkatkan energi secara instan lho. Musik pop atau techno cocok untuk didengarkan guna mengaktifkan fitur musik ini.

Dentuman bass yang kuat dapat menghasilkan lebih banyak energi. Gaya musik ini akan memberi Anda energi dan membuat Anda bergerak lebih cepat.

Jadi, jika Anda membutuhkan dorongan energi yang cepat saat bekerja, tidak ada salahnya mendengarkan musik.

5. Meningkatkan konsentrasi

Fungsi musik selanjutnya adalah sebagai saran untuk meningkatkan konsentrasi. Para peneliti menjelaskan bahwa setiap jenis musik tertentu bisa meningkatkan emosi positif yang bisa menstimulasi otak untuk meningkatkan konsentrasi. Dalam sebuah studi yang dilakukan Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik dari Universitas London, terungkap anak-anak yang rutin mendengar musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

6. Fungsi musik untuk meningkatkan IQ dan proses belajar

Sebuah jurnal dari Nature yang berjudul “Musical and Spatial Task Performance” menjelaskan bahwa fungsi musik Mozart bisa membuat kecerdasan meningkat. Menurut hasil penelitian dari tiga peneliti yang bereksperimen dari University of California, Amerika Serikat juga menunjukkan hasil yang positif.

Dalam eksperimen tersebut mereka meminta sekelompok mahasiswa untuk mendengarkan musik klasik karya Wolfgang Amadeus Mozart selama 10 menit. Ternyata kemampuan spatial temporal mahasiswa tersebut meningkat 8-9 persen. Kemampuan spatial temporal adalah kemampuan untuk mengenali ruang, bentuk, dan arah.

7. Memperjelas memori

Mendengarkan musik ternyata bisa memperjelas memori. Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat kamu mendengarkan musik. Sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak, yakni otak kiri dan kanan serta mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori. Jadi, fungsi musik yang dilakukan ketika sedang belajar adalah bisa meningkatkan kemampuan fungsi kognitif otak.

8. Meningkatkan produksi dopamin agar bahagia

Mendengarkan musik favorit ternyata dapat meningkatkan produksi hormon dopamin lho. Hormon ini berperan dalam pusat kenikmatan otak. Dengan meningkatnya kadar dopamin, moodmu juga jadi ikut meningkat. Itu sebabnya segala macam gejala badmood yang menyertaimu saat belajar atau bekerja dapat mereda selama kamu mendengarkan musik. Jadi, fungsi musik bisa membuat orang merasa tenang dan bahagia.

9. Mengurangi stres

Fungsi musik secara umum lainnya adalah dapat memperbaiki suasana hati. Menurut para ilmuwan dari University of Missouri yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan tingkat stres terlihat setelah 2 minggu rutin mendengarkan musik.

10. Fungsi musik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

11. Sebagai simbol budaya

Dalam kehidupan masyarakat seperti masyarakat Indonesia yang memiliki berbagai macam unsur budaya, fungsi musik memiliki andil yang cukup besar dalam mewujudkan nilai-nilai tradisi dari kebudayaan tersebut. Pasalnya, dalam beberapa upacara adat menggunakan musik sebagai pengiring.

12. Sebagai salah satu alat pemersatu bangsa

Fungsi musik selanjutnya adalah sebagai salah satu alat pemersatu bangsa. Hal ini terlihat dari tiap-tiap negara yang memiliki lagu kebangsaan. Lagu kebangsaan tersebut dapat mewakili semangat kebangsaan, cita rasa estetik, maupun budaya dari masing-masing negara. Isi dari lagu-lagu tersebut pada intinya adalah untuk membakar semangat kebangsaan bagi warga negara. Salah satu contohnya adalah Indonesia, yang memiliki lagu kebangsaan berjudul Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman.(red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...