Tidak Jaga Jarak, Polisi Bubarkan Antrian Penerimaan BST

Petugas Polsek Kendal membubarkan kerumunan penerima BST di kantor Kecamatan.

NGAWI, SMNNews.co.id – Petugas Polsek Kendal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, membubarkan paksa kerumunan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di kantor Kecamatan Kendal, Minggu (10/1/2021).

Hal itu, menurut Kapolsek Kendal, AKP Suparno, demi mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Apalagi warga yang berkurumun di kantor kecamatan banyak yang abai dengan protokol kesehatan, sebagian juga tidak patuh memakai masker.

“Kami terpaksa membubarkan paksa karena terjadi kerumunan dan sebagai antisipasi mencegah penularan da penyebaran Covid-19,” ungkap Kapolsek Kendal, AKP Suparno.

Ada 836 keluarga penerima manfaat (KPM) yang dijadwalkan menerima BST pada saat itu. Mereka berasal dari Desa Dadapan, Ploso dan Majasem.

AKP Suparno menjelaskan, Formpimca Kendal sudah berkoordinasi dengan kantor pos sebagai pihak penyalur BST, agar pembagian dilanjutkan di desa masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita sarankan agar petugas yang datang ke desa sehingga bisa lebih mudah diatur tentang waktu dan gilirannya,” ujar Kapolsek Kendal, AKP Suparno.

Pembubaran itu juga dibenarkan Camat Kendal, Kusnu Heri Purwanto. Kusnu menerangkan, proses pembagian BST di kantor kecamatan pernah dilaksanakan Sabtu lalu dan berlangsung lancar, tanpa menimbulkan antrian.

“Kami sudah memberikan undangan dengan berbeda jam. Namun ada satu desa yang terlambat tiba sehingga akhirnya bertumpuk dengan kedatangan warga desa lainnya. Tadi kita putuskan untuk dibubarkan,” ungkap Kusnu.

Akibat adanya pembubaran tersebut, pembagian BST langsung dilanjutkan ke desa-desa para penerima.

“Hari ini sudah beres semua. Sudah terdistribusi ke penerima manfaat,” pungkas Kusnu Heri Purwanto. (ari)