HomeBERITATim Khusus Bentukan Polres Blitar Kota Siap Merawat Jenazah Covid-19

Tim Khusus Bentukan Polres Blitar Kota Siap Merawat Jenazah Covid-19

Anggota Polres Blitar Kota Tengah mengikuti pelatihan di bawah pengawasan Tim Bidokkes RS Bhayangkara Kediri

Blitar, SMNNews.co.id – Polres Blitar Kota bentuk tim khusus Antisipasi korban pandemi Virus Corona (Covid-19). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi keterbatasan tenaga yang sudah ada di pemerintah daerah yang mengurusi jenazah terduga maupun positif Virus Corona (Covid-19). Polres Blitar Kota membentuk 4 Tim Khusus untuk membackup kebutuhan tersebut. Dengan melatih 32 personel, mulai dari penggunaan baju Alat Pelindung Diri (APD) hingga pemulasaraan jenazah menurut protap Covid-19.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan jika untuk membackup keterbatasan personel dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota dan Kabupaten Blitar dalam menangani jenazah Covid-19. “Kami melakukan pelatihan 32 personel gabungan, membantu penanganan pemulasaraan jenazah sesuai standar Covid-19,” tutur AKBP Leonard, Rabu (6/5/2020).

Kegiatan pelatihan ini dilakukan oleh Tim Bidokkes RS Bhayangkara Kediri, dipimpin langsung oleh Ketua Tim Bidokkes, dr Tutik P, SpF di Gedung Patriatama Polres Blitar Kota. “Setiap tim terdiri atas 8 orang, gabungan dari seluruh jajaran polsek Polres Blitar Kota,” jelasnya.

Jadi setiap tim yang terdiri dari 8 orang ini dilatih mulai dasar, pelatihan ini dilakukan 2 kali. Diawali pada Senin (4/5/2020) yaitu tentang baju APD mulai memakai, melepas dan menyimpan sesuai standar kesehatan. Kemudian dilanjutkan Rabu(6/5/2020) ini, tentang pemulasaran jenazah Covid-19.

“Mulai dari mengurusi jenazah agar aman dan tidak menular, membungkus plastik, menyemprot desinfektan menggali kubur sampai pemakaman,” papar AKBP Leonard.

AKBP Leonard Sinambela menambahkan, Tim Khusus ini akan siap 24 jam untuk membackup jika terjadi kekurangan tenaga membantu Tim Gugus Tugas menangani jenazah positif Covid-19, pungkasnya.(jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...