Tinjau Jl Meriam Ginting, Bupati Prihatin Banyaknya Sampah

Bupati dan anggota DPRD Karo melihat sendiri sampah berserakan di saluran air Jl Meriam Ginting Kabanjahe

Karo, suaramedianasional.co.id – Bupati Karo Terkelin Brahmana prihatin dengan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Buruknya kesadaran masyarakat tentang membuang sampah ini juga tampak pada banyaknya para pedagang yang membuang sampah sembarang usai berjualan. Bahkan ironisnya, dibuang dalam parit dan gorong gorong,

Keprihatinan bupati dikatakan saat peninjauan lokasi Tugu Adipura di Jl Meriam Ginting Kabanjahe. “Kami prihatin rendahnya kesadaran pedagang sehingga mereka membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Sampah tampak berserakan didalam parit dan gorong gorong, wajar selama ini turun hujan air meluber ke badan jalan, akibat tumpukan sampah air menyumbat dan menghalangi aliran air.

Pemkab langsung mengirim truk sampah dan dbantu 10 anggota Satpol PP mengangkat sampah dan membersihkan rumput rumput yang sudah tumbuh didalam parit.

Bupati Karo  Terkelin Brahmana turun langsujng di lokasi tersebut setelah banyaknya keluhan masyarakat disampaikan ke  Ferianta Purba, anggota DPRD Karo. Feri pula yang memprakarsai agar bupati dan dewan turun ke lapangan langsung hari itu. “Soalnya, banyak keluhanrumah masyarakat sering kebanjiran,” katanya.

Hal senada disampaikan Thomas Joverson Ginting Anggota DPRDKaro mengapresiasi langkah bupati cek lapangan dan saat itu juga mengerahkan armada pengangkut sampah dan satuan polisi pamong praja (satpol PP) untuk gotong royong bersihkan sampah.  Dia meghimbau Pedagang Kaki Lima (PKL), jangan lagi membuang sampah sembarangan ketika berjualan dekat tepi jalan, “Jjangan lagi tinggalkan  sampah di tempat  berjualan, apalagi membuang ke parit, buanglah pada tempatnya ,” katanya. (ius)