HomeLIFESTYLEKESEHATANTips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat, Disaat Musim Pancaroba!!!

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat, Disaat Musim Pancaroba!!!

Ilustrasi orang sedang sakit (Sumber:Google)

SMNNews.co.id – Perubahan suhu pada musim pancaroba membuat kondisi tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Menjaga Ketahanan tubuh di pergantian musim itu penting. Belakangan ini, banyak orang mengeluh bahwa mereka rentan terhadap penyakit. Baik anak-anak maupun orang dewasa dikabarkan rentan terhadap penyakit, terutama demam, batuk dan pilek.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk menjaga stamina agar tetap sehat dan tidak mudah sakit.

1. Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Pola Makan Sehat

Kunci utama agar tubuh tidak mudah terserang penyakit adalah dengan meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh.

Sistem imun yang kuat dapat memberikan benteng pelindung yang mencegah virus dengan mudah menyerang tubuh.

Menjaga daya tahan tubuh dicapai dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin, protein, lemak dan mineral yang dibutuhkannya.

2. Istirahat yang cukup

Diketahui bahwa kurang tidur menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. Seperti yang dilaporkan orang dalam, kurang tidur bisa membuat tubuh kita rentan terhadap banyak virus yang kita infeksi.

Istirahat yang cukup sangat penting untuk mengembalikan daya tahan dan kekebalan tubuh terutama dalam kondisi cuaca yang tidak menentu. Karena sangat efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh, 7-8 jam setiap hari Usahakan tidur malam yang cukup.

Baca Juga : Risiko Kesehatan Saat Tidur Kurang Dari 4 Jam

3. Rutin Berolahraga

Olahraga teratur tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah dan membakar kalori, tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda tidak punya waktu untuk beraktivitas setiap hari, sisihkan 15-30 menit olahraga ringan sebelum bekerja, saat istirahat, atau setelah bekerja.

4. Konsumsi Vitamin

Menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin.

Pemenuhan kebutuhan makanan melalui pola makan yang sehat dan bergizi seimbang adalah yang paling ideal dan harus diprioritaskan.

Dengan mengonsumsi mineral dan vitamin dari makanan, tubuh dapat memproduksi sel imun dan antibodi dalam jumlah yang cukup untuk merespons infeksi.

Baca Juga : 5 Makanan Sehat yang Membantu Menghilangkan Stres

5. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Juga, kebersihan pribadi dan lingkungan harus dijaga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat diterapkan dengan rutin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dan membersihkan area tempat tinggal Anda.
Jika ada sampah yang tertinggal di selokan, segera bersihkan. Ingatlah untuk mengikat semua sampah dan menutup tangki air untuk menghindari sarang nyamuk. Daerah kotor menjadi rumah bagi hewan pembawa virus dan bakteri. Tentu saja hal ini membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. (red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja...

Pengawasan Operasi Ketupat 2024 Oleh Itwasum Polri Bertempat di Polres Pasuruan Kota

PASURUAN, SMNNews.co.id – Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan Operasi Ketupat 2024  di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota bertempat...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...