TMMD, Gorong- Gorong Digali Agar tak Longsor

TMMD, Gorong- Gorong Digali Agar tak Longsor

Trenggalek, suaramedianasional.co.id – Seringnya banjir dan tanah longsor di wilayah desa mengakibatkan warga desa membutuhka solusi. Salah satunya dengan dibuatkan irigasi penyaluran air.

Satgas TMMD lanhsung menyambutnya dengan baik. Gorong – gorong yang dibutuhkan langsung dijalankan dengan memecah jalan untuk aliran air. Tujuannya agar ketika ada banjir, air bisa mengalir dan tidak menghancurkan tanah jalan.

Dansatgas TMMD Reg 105 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto meninjau penggalian tanah yg akan di pasang plat dan gorong – gorong di Dusun Nitri Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Trenggalek.

Dalam kunjungannya memastikan bahwa plat cor sudah dibuat oleh Satgas TMMD. Hasil dari.plat cor sudah dilakukan sejak sepekan lalu. Plat cor dengan ketebalan 50 cm itu diperuntukkan untuk bahian atap dan penutup gorong gorong.

Nantinya irigasi juga akan di gali di bagian bawah. Godong gorong juga sudah mulai di gali. Kedalaman sekitar 1 hingha 2 meter. Sebab, aliran air sengaja di adakan agar banjir tidak lagi melewati jalan desa. Banjir bandang terkadang merusak kondisi jalan. Ujungnya bisa menyebabkan longosr dengan membawa material tanah.

Gorong- gorong ini merupakan ide kretif program TMMD yang sengaja dioeruntukkan untuk warga setempat. Sejak sepekan pembangunan, kini harapan irigasi itu menjadi harapan besar warga setempat.

” aaalnya ide daei masyarakat. Terus kita buatkan progdam dan dijalankan. Kami siapkan gorong gorong ini agar ketika hujan air tidak melewati jalan dan mengakibatkan banjir dan longsor. Kita idekan ada irigasi memotong jalan, ” jelasnya. Selasa (30/7).(pendim),