TMMD Pasang Jamban Untuk Mbah Paikem

satgas tmmd saat pasang jamban

Trenggalek, suaramedianasional – Mbah Paikem bisa tersenyum lega, rumah yang di idamkan segera selesai. Pencapaian fisik bedah rumahnya, sudah mencapai angka 90%.

Sabtu (3/8/2019) satgas dan masyarakat tengah sibuk membuatkan Jamban dan kamar mandi untuk wanita paruh baya ini. Kloset mulai dipasang di samping rumah, selanjutnya memasang dindingnya.

Selain untuk mempermudah aktivitas Mbah Paikem buang hajat, jamban ditujukan untuk menjadikan rumah ini sehat, karena tidak lagi buang air besar (BAB) sembarangan.

Kebiasaan masyarakat buang air besar sembarangan memang patut ditinggalkan. Hal dapat menjadi pemicu penyebaran penyakit menular secara cepat. Kotoran dihinggapi lalat, sedangkan lalat menyebarkan penyakit kepada yang lain melalui makanan yang kita makan.

“Pemasangan jamban ini juga kami tujukan untuk menyadarkan masyarakat untuk hidup sehat, tidak BAB sembarangan. Banyak penyakit bisa menular kepada sesama karena kurangnya kesadaran kita menjaga kebersihan” ujar Kapten Inf. Supoto Danramil Bendungan.

Kadang kita meremehkan hal yang sepele karena itu sudah menjadi kebiasaan. Kami menghimbau kebiasaan tersebut hendaknya ditinggalkan, karena tanpa kita sadari hal tersebut bisa merugikan orang lain, tandasnya.