Tolong Warga Kebanjiran di Ngawi, Aiptu Sujadi Mendapat Penghargaan dari Kapolda Jatim

Aiptu Sujadi, Senin (11/3) mendapat penghargaan dari Kapolda Jatim atas dedikasi dan jasanya menolong keluarga yang terjebak banjir di wilayah Ngawi.

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan memberikan penghargaan kepada Aiptu Sujadi anggota Satlantas Polres Kediri. Pemberian penghargaan ini dilakukan saat upacara Polda Jatim, Senin pagi (11/3)

Turut hadir dpada acara tersebut, Wakapolda Jatim Brigjen Toni Harmanto, Irwasda Polda Jatim Kombes Sutardjo dan Seluruh Pejabat Utama, Pamen, Pama, Bintara serta ASN Polda Jatim.
Kapolda Jatim dalam sambutannya  berharap dengan tugas yang semakin komplek, seluruh anggota jajaran Polda Jatim dapat melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin serta harus mewaspadai berita hoax yang dapat memicu suhu politik dan perpecahan persatuan bangsa sehingga situasi kamtibmas menjelang Pileg dan Pilpres tahun 201. Dia berharap wilayah Jawa Timur selalu aman dan kondusif.
Pemberian penghargaan kepada  Aiptu Sujadi anggota Satlantas Polres Kediri karena keberaniannya menolong,  memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat dalam menyelamatkan satu keluarga yakni Arif Rosidi warga Dusun Sumberejo, Desa Kresikan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi yang terseret arus bencana banjir di tepi jalan tol Ngawi-Kertosono KM 603 pada tanggal 7 Maret 2019 lalu.
Saat bencana terjadi, Arif Rosidi dan adiknya Arina Fitroh membawa serta dua balita dan bermaksud mengungsi namun terjebak banjir di daerah banjir dekat jalan tol. Beberapa mobil sempat diteriaki dan Arif melambaikan tangan namun yang berhenti dan langsung turun berenang dan menolong adalah keluarga Aiptu Sujadi yang sedang dalam perjalanan pulang ke Kediri. Video pertolongan ini viral di berbagai lini media sosial hingga sampai ke Kapolda Jatim.
Aiptu Sujadi sendiri menuturkan, dirinya tengah dalam perjalanan pulang menuju Kediri, sekitar pukul 16.00 WIB. Moblnya melewati jalur tol Ngawi – Kertosono yang di kiri kanannya sudah terkepung banjir. “Saat itu ada pula mobil berhenti di depan mobil saya, terdengar suara minta tolong dan ada dua orang membawa anak kecil terjebak banjir,” katanya.
Walaupun saat itu pengemudi mobil di depan Aiptu Sujadi juga berusaha memberikan pertolongan namun karena tidak bisa berenang hanya berusaha mengulurkan kayu pada korban. “Jadi saya pun turun berenang menolong keluarga tersebut, yang terpikir oleh saya ya membawa anak-anaknya lebih dulu agar bisa dievakuasi ke tempat yang aman,” tuturnya.
Usai menolong keluarga Aiptu Sujadi meneruskan perjalanan. Berkat pertolongan Aiptu Sujadi, kakak beradik Arif Rosidi dan adiknya Arina Fitroh, beserta dua anak Arina yang masih balita selamat dari dan kini kembali melanjutkan hidup di Kersikan, Kecamatan Geneng Kecamatan Ngawi. Kedua keluarga ini belum pernah bertemu kembali pasca kejadian tersebut, namun melalui berbagai media massa dan media sosial, Arif dan adiknya menyampaikan terimakasih dan berkeinginan suatu saat bertemu langsung dengan penolongnya. (yud/ari)