HomeBERITATradisi yang Puluhan Tahun Berhenti !! Ratusan Reog Obyok Kembali Turun ke...

Tradisi yang Puluhan Tahun Berhenti !! Ratusan Reog Obyok Kembali Turun ke Jalan

Sesepuh Warok Ponorogo, Heru Purnomo

PONOROGO, SMNNews.co.id – Bayangkan kehebohannya ketika ratusan grup reog berparade menyusuri jalanan seputaran kota di Ponorogo. Mengambil garis start di Jalan Alun-Alun Utara, belok ke Jalan Diponegoro, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan HOS Tjokroaminoto, Jalan Jenderal Sudirman, dan finis di depan paseban.

“Jumlah peserta yang awalnya 307 grup reog, kemungkinan besar akan bertambah. Grup reog dari kabupaten tetangga ingin turut memeriahkan,’’ kata Heru Purnomo, sesepuh warok Ponorogo, Selasa (12/7/2022).

Peserta awal 307 grup reog itu sesuai jumlah desa dan kelurahan di Ponorogo yang akan menandai gelaran Grebeg Suro 2022 dan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo. Mbah Pur sapaan Heru Purnomo, menyebut peserta parade terdiri reog obyok. Karakteristik reog obyok adalah hiburan masyarakat yang bersifat bebas dan spontan.

“Jarak antar grup reog yang berjalan beriringan itu sekitar enam meter,’’ ungkapnya sembari menyebut jadwal kegiatan pada 8 Agustus 2022.

Parade ratusan reog obyok itu mengulang tradisi yang sempat terhenti sekitar 38 tahun lamanya. Di era 1980-an, setiap grup reog perwakilan desa di Ponorogo datang ke alun-alun untuk berpentas bertepatan tanggal 1 Suro.

“Kegiatan itu sudah berhenti sejak tahun 1984 di masa kepemimpinan Bupati Soemadi. Sekarang ini, seniman reog ingin membangkitkannya kembali,’’ terang Mbah Pur.

Dia sempat mengenang, penonton selalu berjubel ketika ada pementasan reog obyok. Nyaris di semua perempatan. Mbah Pur menyebut parade reog obyok bakal ikut melestarikan kesenian asli Ponorogo itu. Pun, menjadi ajang silaturahmi seniman reog dari sejumlah daerah. (png/red)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...