Tujuh Inovasi Berbasis IT Polresta Sidoarjo Kini Dapat Dimanfaatkan Publik

Polresta Sidoarjo Sosialisasikan Tujuh Inovasi Berbasis IT.
Sidoarjo, suaramedianasional.co.id  –Tidakdapat dipungkiri lagi, kebutuhan masyarakat saat ini terhadap pelayanan publik yang serba cepat, mudah, dan berbasis IT harus kita hadapi. Untuk memenuhinya Polresta Sidoarjo menjawab dengan berbagai inovasi berbasis digital. Mengenalkan inovasi pelayanan publik berbasis IT milik Polresta Sidoarjo, dilakukan sosialisasi Zona Integritas (ZI) WBK dan WBBM serta inovasi berbasis IT, kepada masyarakat, awak media, LSM, komunitas media sosial dan otomotif.
“Ada beberapa inovasi berbasis IT yang kami sosialisasikan, antara lain E-SIM, SKCK Online, Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan/Penyidikan (SP2HP), Laporan Pengaduan Online, Laporan Kehilangan Online, Jenguk Nyaman, serta Delta SIAP,” papar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho dihadapan masyarakat yang hadir di Aula Bharadaksa Polresta Sidoarjo, Selasa (30/4).
Keenam inovasi publik berbasis IT milik Polresta Sidoarjo tersebut, harus disampaikan kepada masyarakat luas. Agar masyarakat yang membutuhkan pelayanan Kepolisian dapat memanfaatkannya, serta yang terpenting dapat mempermudah masyarakat.
Bahkan, Kapolresta Sidoarjo mengutarakan jika berkomitmen untuk melakukan peningkatan pelayanan publik yang ada di Polresta Sidoarjo. “Pelayanan maksimal akan terus kami kembangkan, untuk kepuasan masyarakat,” tambahnya.
Sementara Kabagren Polresta Sidoarjo Kompol Darti Setiyowati menambahkan, jika adanya layanan publik berbasis IT Polresta Sidoarjo tersebut, sangat efektif dan efisien bagi masyarakat. Waktu pengurusan lebih cepat, tidak berbelit dan terpenting masyarakat dapat terhindar dari percaloan. Misalkan pengurusan SIM, melalui aplikasi E-SIM masyarakat dapat mengisi form registrasi perpanjangan SIM atau SIM baru.
“Saat datang ke Satpas Polresta Sidoarjo, waktunya jadi lebih ringkas, juga dapat menghindari calo,” lanjut Kabagren Polresta Sidoarjo.
Adanya sosialisasi inovasi publik Polresta Sidoarjo, menurut Amelia dari komunitas Info Lantas Sidoarjo (ILS) mengapresiasi upaya terobosan pelayanan masyarakat yang terus dilakukan Polresta Sidoarjo. “Iya layanan-layanan kayak begini, harus disebarluaskan infonya kepada masyarakat. Polresta Sidoarjo semakin top, kita jadi dipermudah untuk urusan kepolisian,” ujarnya. (try)