HomeBERITATukang Becak Saat ini Mlorot Order

Tukang Becak Saat ini Mlorot Order

Para tukang becak di Tulungagung berharap ada rezeki di hari raya

Tulungagung, SMNNews.co.id – Maraknya tukang becak di pinggir jalan jelang lebaran minim pendapatan lantaran tidak dapat penumpang, akibat dilibas kemajuan teknologi dengan hadirnya ojek dan angkutan penumpang berbasis online. Pandemi covid-19 menambah beban hidup, Selasa (12/5.)

Bila di sejajarkan dengan pengojek online tentunya becak kayuh kalah besaing. Ojek online dirasa lebih cepat, murah dan nyaman. Sedangkan becak ramah lingkungan sudah jarang digunakan orang- orang, selain lambat, mahal dan rasa tidak tega melihat sipengayuh becak sudah tidak muda lagi. Rata-rata usia mereka  diatas 50 tahun.

Salah satu tukang becak Hanafi (53) selama janggol ( ngetem) dibeberapa tempat nyaris tidak dapat penumpang. Kondisi ekonomi sangat terbatas membuatnya tak mampu berbuat banyak. Sambil duduk santai dibangku becaknya ia berkeluh kesah tentang kehidupannya.

“Saya sebenarnya pingin kerja, tapi kerja apa yang berpenghasilan tetap meskipun sedikit. Usia saya sudah segini, siapa saja yang nyuruh saya lakukan yang penting halal dan bisa menyambung hidup, karena saya punya keluarga. Kadang di suruh angkat pasir, kuli bangunan dan membersihkan halaman tetangga yang penting dapat uang”, kata Hanafi asal Kelurahan Kampungdalem.

Pada waktu muda terlalu santai untuk memberdayakan diri dan bertambahnya umur timbul penyesalan, banyak waktu yang terbuang sia-sia. Bagi pengayuh becak di Tulungagung yang rata-rata warga miskin, saat ini berharap uluran tangan para dermawan yang dianggap rezeki dihari raya.(Gusty Indh)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...